Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Mengatasi Masalah Hidung Saat Hamil

Mengatasi Masalah Hidung Saat Hamil

Beberapa bumil sering mengalami masalah hidung, seperti rasa panas di hidung, pilek, atau bahkan mimisan. Masalah tersebut bisa terjadi di awal kehamilan dan bisa terjadi hingga sebelum persalinan. Masalah hidung biasanya diakibatkan peningkatan hormon dalam tubuh yang menyebabkan lapisan hidung dan sinus membengkak.

 

Pembengkakan tersebut dapat membuat Anda merasa pusing dan mata jadi sering berair. Untuk meringankannya, Anda bisa mencoba tip berikut yang direkomendasikan www.babyworld.co.uk.

 

1. Uapkan air yang telah ditetesi minyak teh untuk mengeluarkan cairan yang tersumbat.

 

2. Sesekali bernapaslah melalui mulut, seperti halnya saat berenang. Minumlah air hangat sesering mungkin untuk mengurangi rasa kering pada tenggorokan saat bernapas dengan mulut.

 

3. Keluarkan cairan dari hidung secara perlahan, bila terlalu kencang bisa menimbulkan rasa sakit di telinga dan tulang punggung Anda

 

4. Jika Anda mimisan, condongkan tubuh ke depan untuk mencegah darah menggumpal di sekitar hidung. Jepit lubang hidung Anda dengan jari, tepat di bawah tulang hidung. Gunakan tisu untuk menyeka darah yang keluar.

 

5. Berkonsultasilah ke dokter untuk mendapatkan obat yang tidak membahayakan kehamilan. (Gita/SR/Dok.Freedigitalphotos)