Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

4 Trik Jitu Menghadapi Gosip di Kantor

4 Trik Jitu Menghadapi Gosip di Kantor

“Ssst, kemarin dia ngomongin tentang kamu lho!” bisik seorang rekan. Ya, mengetahui rekan kerja membicarakan Anda dari belakang, memang tidak menyenangkan.  Selain itu, gosip dapat menurunkan motivasi dan produktivitas Anda dalam bekerja. Oleh karena itu, jangan biarkan diri Anda menjadi salah satu korbannya ya, Moms. Meski tidak bisa dihindari, namun gosip dapat dihadapi dengan 4 cara berikut ini. Apa saja?

 

1. Jangan terbawa ke perasaan
Gosip hanyalah rumor yang dilengkapi dengan bumbu agar terdengar lebih menarik. Jangan dimasukkan ke dalam hati. Sebaliknya, tertawalah ketika Moms mendengarnya! Hal ini membuktikan bahwa Anda tidak mudah ditaklukan dengan gosip yang beredar.


2. Persenjatai diri dengan fakta
Daripada terbawa emosi, lebih baik tunjukkan kebenarannya. Anda dapat memperlihatkan bukti pendukung, dengan melibatkan pihak-pihak yang mengetahui kebenaran atau menggunakan informasi dan catatan lainnya. Mendengar fakta dari pihak ke-3 akan membuat pendengar gosip memiliki 2 pandangan. Dengan begitu, mereka dapat lebih objektif dalam menanggapinya.


3. Bicara dengan biangnya
Mulai merasa terganggu? Coba ajak bicara biang atau yang menyebarkan gosip itu secara empat mata. Jelaskan bahwa Anda tidak nyaman dengan sikapnya tersebut. Gunakan kalimat yang tidak bernada menyalahkan, seperti “Saya memahami bahwa Anda memiliki perhatian khusus terhadap cara kerja saya, tetapi saya berharap Anda dapat mengatakannya langsung, sehingga saya tahu apa yang perlu diperbaiki.”


4. Laporkan
Jika Si Biang Gosip tidak juga berhenti, gunakan cara terakhir! Laporkan ulahnya kepada atasan, apa lagi jika ia sudah banyak merugikan Anda. Periksa juga peraturan di tempat Anda bekerja. Beberapa perusahaan memiliki peraturan tersendiri terkait etika dengan rekan kerja.

Good luck! (ClaudiaCarla/Meiskhe/HH/dok.Freepik)