Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Yang Harus Diperhatikan Bumil saat Silaturahmi Lebaran

Yang Harus Diperhatikan Bumil saat Silaturahmi Lebaran

Hari Raya Idul Fitri momen untuk bersilaturahmi dengan keluarga besar, saudara, dan kerabat. Anda yang kini sedang hamil pun tetap dapat bersilaturahmi berkumpul dengan keluarga. Akan tetapi, tetap perhatikan kondisi kesehatan Anda ya Moms. Bila merasa kelelahan sebaiknya istirahat sejenak. Nah, berikut beberapa tips buat ibu hamil sebelum bersilaturahmi ke rumah saudara dan kerabat.


1. Pilih Pakaian yang Nyaman
Sebaiknya Anda memilih pakaian yang nyaman saat silaturahmi ke rumah keluarga ataupun kerabat. Bila memang harus menggunakan kaftan, carilah bahan yang nyaman dan menyerap keringat, mengingat ibu hamil sering mengeluarkan keringat terutama pada usia kehamilan di atas 25 minggu. Jangan lupa untuk membawa pakaian cadangan, simpan di bagasi kendaraan agar Anda bisa berganti pakaian bila merasa tidak nyaman dengan pakaian yang dikenakan.

 

2. Sediakan Camilan
Hidangan Lebaran yang khas umumnya tersedia di hampir setiap rumah. Anda tetap harus memerhatikan asupan makanan untuk diri sendiri dan janin ya Moms. Meski sudah tersedia penganan di rumah kerabat, Anda sebaiknya menyiapkan cadangan camilan bila sewaktu-waktu ingin makan sesuatu yang berbeda. Misalnya, bawalah roti, kacang, buah-buahan dan makan selingan lain yang menyehatkan. 

 

3. Kenakan Alas Kaki yang Nyaman
Sepatu atau sandal yang akan digunakan penting diperhatikan Moms. Ibu hamil juga bisa tetap cantik tanpa high heels lho. Namun, untuk menghindari cedera yang tidak diinginkan, carilah alas kaki yang nyaman. Misalnya, pilih flat shoes yang serasi dengan warna pakaian yang Anda kenakan. 

 

4. Siapkan Obat-obatan
Untuk menghindari hal tidak diinginkan, Anda persiapkan obat-obatan yang aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Misalnya, obat demam atau pusing. Bila kaki terlihat sudah bengkak, segera cari tempat duduk dan sandarkan kaki pada kursi kecil agar kaki terasa nyaman.

 

5. Sediakan Air Putih

Selalu sediakan air putih dengan kemasan kecil dalam tas Anda ya Moms. Jangan sampai Anda kehausan dan tidak sempat minum, ya! (Seva/HH/Dok. Freepik)