Type Keyword(s) to Search
ARCHIVE

Seminar Kehamilan di M&B Fair 2013

Seminar Kehamilan di M&B Fair 2013
seminar kehamilan

Kehamilan merupakan masa yang paling emosional dalam kehidupan seorang wanita. Pada masa ini, perempuan banyak mengalami perubahan dalam dirinya, termasuk emosi.

 

Saat kehamilan datang pun, beberapa orangtua mengalami banyak ketakutan. Selain perubahan bentuk tubuh, sebagian besar ibu juga banyak mengalami masalah psikis yang mengganggu, seperti takut tidak bisa mengasuh anak dengan baik, terlalu protektif dengan keadaan tubuh, merasa down, tidak berdaya, merasa payah, dan gejala baby blues lainnya. Menurut psikolog Roslina Verauli, saat-saat emosional ini perlu diatasi dengan kerja sama yang baik antara Si Bumil dan suami.

 

“Bila ketakutan-ketakutan seperti gejala baby blues itu muncul, yang perlu Anda lakukan adalah ‘curhat’. Ceritakan apa yang Anda takutkan. Jangan dipendam di hati. Dukungan psikis dari suami juga sangat diperlukan dalam kondisi ini,” ungkap psikolog Roslina dalam talk show “Celebrate Your Pregnancy Moment” di Mother&Baby Fair 2013. Ia juga menyampaikan, tidak hanya bumil yang bisa mengalaminya, Sang Suami pun bisa mengalami gejala serupa. Untuk mengatasi hal ini, pasangan perlu bekerjasama untuk  saling mengisi. Dibutuhkan perhatian yang luar biasa dari suami terhadap sang  istri yang sedang hamil.

 

Menurut Roslina, karakter ayah siaga memang diperlukan selama masa kehamilan. Karakter ayah siaga ini juga bisa menentukan pola asuh Sang Ayah saat anak lahir nanti. “Ayah yang sigap dalam  membantu dan memenuhi segala kebutuhan Sang Istri selama masa kehamilan, bisa dipastikan ia memiliki sifat ayah yang bertanggung jawab penuh pada pola asuh Sang Anak nanti.”

 

Hal serupa ternyata juga dialami oleh pasangan Audy dan Iko Uwais. Semenjak hamil, Audy  yang saat ini menginjak usia kehamilan  9 bulan mengaku menjadi sangat sensitif dan emosional. “Kadang suka merasa manja, dan sensitif,  gampang nangis juga,” ungkap pelantun lagu “Dibalas dengan Dusta” ini. Selain itu, Audy juga mengakui ia merasa lebih malas beraktivitas semenjak hamil. “Beruntung sekali saya punya suami seperti  Iko. Ia sangat mengerti dan menenangkan saya. Kalau saya lagi malas-malasnya, ia yang mengerjakan pekerjaan rumah,” tambahnya.

 

M&B Fair 2013 masih akan berlanjut esok hari(28/09) dengan beberapa acara seru, seperti  Fun Colour costume competition dan fashion show, serta talk show dan workshop menarik lainnya. Jangan ketinggalan!  (Aulia/OCH/doc.M&B)