Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

7 Tip Menjaga Kesehatan saat Hamil

7 Tip Menjaga Kesehatan saat Hamil

Kehamilan yang sehat dan bebas masalah merupakan dambaan setiap wanita. Dilansir babycenter.com, berikut adalah beberapa langkah menuju kehamilan yang sehat.


1. Memilih Dokter dan Pendamping Persalinan
Salah satu langkah awal perawatan kehamilan adalah memilih dokter yang tepat untuk mendampingi perencanaan kehamilan hingga menjelang persalinan. Hal itu sangat perlu dilakukan sebagai 'jaminan' kesehatan Anda dan Si Kecil.

 

2. Mengonsumsi Makanan dan Minuman Tepat Sasaran
Hamil bukan berarti Anda bebas mengonsumsi banyak makanan hanya karena takut Si Kecil tidak ternutrisi dengan baik. Anda bisa mengonsumsi makanan kesukaan Anda, tapi tetap membatasi kadar kalori, karbohidrat, lemak, dan gula. Penuhi diet buah dan sayuran untuk kecukupan serat yang mampu mencegah konstipasi. Anda bisa menambahkan menu makanan kaya protein yang berasal dari ikan dan kacang-kacangan. Cermati kebersihan makanan yang akan Anda beli. Jangan sampai Anda terkena kuman penyakit.


3. Olahraga Tepat
Olahraga bisa meningkatkan mood dan mencegah depresi yang sering dialami bumil. Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa olahraga mampu menyeimbangkan jumlah zat kimia seperti serotonin dan dopamin, yang menentukan mood seseorang. Lakukan olahraga ringan untuk bumil seperti berjalan kaki, yoga kehamilan, pilates untuk bumil, berenang secara teratur, sekitar 30 menit dalam sehari.

 

4. Hindari alkohol!
Tahukah Anda? Alkohol yang Anda minum saat hamil mengalir cepat kepada calon bayi melalui aliran darah dan plasenta.  Kolej Diraja, pakar kandungan dari Inggris mengungkapkan, wanita yang gemar mengonsumsi alkohol saat hamil, berisiko tinggi melahirkan bayi dengan gangguan organ dan psikis.


5. Kurangi kafein
Kopi, teh, dan minuman dengan cola memiliki kadar kafein yang cukup tinggi. Asupan kafein yang tinggi berisiko bayi lahir dengan berat badan rendah dan keguguran.

 

6. Stop Rokok!
Anda pasti tahu bila rokok mengandung lebih dari 4.000 zat mematikan. Orangtua perokok berpotensi meningkatkan keguguran janin, bayi lahir prematur, dan cacat lahir. Jadi, tak ada alasan untuk tidak berhenti merokok!


7. Istirahat Cukup
Rasa letih yang Anda rasakan di trimester pertama dan ketiga merupakan sinyal tubuh agar Anda tidak terlalu banyak beraktivitas. Bila Anda merasa lelah, segeralah beristirahat dan luruskan kaki Anda sekitar 30 menit untuk mencegah kejang otot. (Gita/SR/Dok.Freedigitalphotos)