TODDLER

Tip Liburan Seru Dengan Si Balita



Bedanya berpergian dengan bayi dan balita adalah, Anda tidak akan mendengar protes “Ma, aku bosan” dari bayi Anda. Balita mudah sekali bosan dengan keadaan yang sama atau berlama-lama duduk di satu tempat. Supaya ia tidak bosan selama perjalanan ciptakan permainan seru buat si kecil.

Cari Aku!
Permainan ini bisa dimainkan balita usia 3 sampai 4 tahun. Waktu permainan 10 sampai 20 menit. Jumlah pemain 2 atau lebih. Caranya, satu orang pemain menyebutkan benda tertentu kemudian yang lain harus mencari benda tersebut. Misalnya, Anda menyebut, “Aku sebuah mobil truk yang besar, temukan aku!”. Kemudian si kecil mencari truk besar itu. Objek permainan bisa diambil dari gambar di majalah, buku, atau pemandangan di sepanjang perjalanan.

Aku Adalah..
Jumlah pemain yang dibutuhkan 2 atau lebih, permainan ini juga bisa mengasah kemampuan si kecil untuk mencocokan apa yang Anda deskripsikan dengan apa yang ia lihat selama perjalanan. Anda bisa bergantian dengan si kecil memberikan petunjuk dan ciri-ciri sebuah benda. Misalnya, “Aku adalah hewan berkaki empat, makan rumput dan bersuara “Mooo..”, siapakah aku?”, tambahkan petunjuk lainnya jika si kecil masih belum bisa menebaknya.

Tebak Gambar
Permainan ini membutuhkan 3 orang atau lebih pemain, kertas, dan pinsil. Cocok dimainkan untuk balita usia 3 sampai 4 tahun. Satu orang bertindak menjadi MC dari permainan sedang pemain lainnya menjadi peserta yang akan menggambar dan menebak secara bergantian. MC akan membisikan nama binatang atau benda yang harus digambar kepada satu pemain dan peserta lainnya harus menebak. Sebaiknya pilih benda yang memiliki bentuk simpel dan mudah digambar misalnya bunga, buah apel, atau kue donat.

Tebak Suara
Permainan ini sangat simpel, yang Anda butuhkan hanya ketrampilan meniru suara binatang atau benda yang memiliki suara khas untuk ditebak si kecil. Tambah gaya supaya lebih seru, misalnya tiru suara burung dengan menggerakan lengan Anda seolah-olah sayap burung. (Karina/SR/Dok.M&B)