FAMILY & LIFESTYLE

Jika Kulit Si Kecil Kering



TANYA:
“Beberapa hari ini saya perhatikan kulit pada bagian tangan dan kaki Si Kecil terlihat kering dan pecah-pecah. Bagaimana ya cara mengatasinya?”
(Tita, 30, ibu dari Kania, 6 minggu)

JAWAB:
Larutan Iodine

Anak saya juga pernah mengalami kulit kering, bahkan sampai ada beberapa bagian yang terkelupas. Saya sudah mencoba berbagai produk kulit bayi dan juga berkonsultasi dengan dokter, tetapi kulit Jesse tetap kering. Salah seorang teman saya menyarankan untuk mencampurkan sedikit larutan iodine ke dalam air di bak mandi Jesse. Lalu setelah mandi, oleskan juga krim yang mengandung iodine pada kulit yang kering. Saya pikir tidak ada salahnya dicoba. Ternyata memang benar, kulit Jesse berangsur-angsur membaik. Satu lagi, saat mengeringkan kulit Si Kecil, sebaiknya gunakan handuk yang berbahan lembut. Cara mengeringkannya pun cukup ditepuk-tepuk saja supaya tidak menimbulkan luka pada kulit.
(Diani, 29, ibu dari Jesse, 1 tahun 8 bulan)

Kurangi dan Batasi
Menurut saya, bayi yang baru lahir tidak perlu menggunakan produk-produk perawatan kulit terlalu banyak. Minyak telon dan sabun seharusnya sudah cukup buatnya. Ketika anak saya mengalami masalah pada kulit, seperti iritasi atau kulit kering, saya gunakan minyak zaitun atau baby oil untuk melembapkan kulitnya. Saran saya, jangan terlalu sering memandikannya, karena hal itu justru bisa mengurangi kelembapan alami kulitnya.
(Maghfira Basbed, 27, ibu dari Saeed Basaef, 1 tahun 7 bulan)

Jemur Si Kecil
Menjemur bayi setiap pagi selama beberapa menit bisa ikut membantu regenerasi kulit Si Kecil. Meskipun nanti kulitnya terkelupas, secara alami kulit lamanya akan digantikan dengan kulit yang lebih sehat. Sebelum mandi, ada baiknya Anda mengoleskan terlebih dahulu kulit Si Kecil dengan losion khusus bayi supaya kulitnya lebih lembap. Daripada menggunakan sabun padat, sebaiknya larutkan saja sabun cair di air mandinya. Dalam sehari, cukup mandikan Si Kecil 2 kali dengan menggunakan air hangat. Pilihlah pakaian bayi yang bahannya lembut dan menyerap keringat.
(Budi Kartika Sari, 25, ibu dari Sofie Putri Kurniady, 2 bulan)

Jangan Digosok
Kulit bayi yang baru lahir cenderung berkeriput dan memiliki lapisan pelindung tipis (vernix) yang biasanya akan terlepas dengan sendirinya. Ini merupakan proses alamiah yang terjadi di minggu pertama usia bayi. Tak perlu dipaksa untuk membuat kulit-kulit tersebut lepas dengan menggosok atau melepasnya dengan menggunakan losion. Waktu putra saya mengalami kulit kering, saya hanya memandikannya dengan waslap dan air hangat. Saya gunakan sabun khusus untuk bayi yang memiliki pH antara 4,5-5 dengan kandungan minyak yang tinggi. Agar bahan-bahan kimia yang ada di sabun tidak menempel pada kulit Si Kecil, saya selalu membilasnya dengan air hangat sebanyak 2 kali. Sesekali, saya juga memijatnya dengan minyak kelapa buatan ibu saya atau minyak zaitun untuk melembapkan dan menghaluskan kulitnya yang kering. Pilihlah pakaian bayi yang bahannya lembut dan menyerap keringat.
(Desy, 29, ibu dari M. Ridho Amirrullah, 3)