BUMP TO BIRTH

Pilih Musik Anda saat Bersalin!



Alunan lagu atau musik kerap menjadi salah satu cara 'ampuh' untuk mengatasi stres. Namun, apakah lagu mempunyai khasiat yang sama saat diputar di ruang bersalin, saat beragam rasa kecemasan dan kekhawatiran begitu besar?

Robin Elise Weiss, LCCE, terapis persalinan dan pakar kesehatan dari Amerika Serikat, menganggap bahwa musik merupakan 'morfin' alami yang dapat menenangkan perasaan dan emosi seseorang. Musik bisa meredakan rasa sakit dan perasaan khawatir saat bersalin, asal musik yang dipilih sesuai dengan kriteria Anda. “Setiap orang memiliki selera musik yang berbeda. Hal tersebut membuat Anda merasa nyaman dan tenteram. Memilih musik yang tepat akan meningkatkan hormon kebahagiaan, yaitu endorfin," kata Robin.

Berikut ini beberapa kisah para ibu yang bersenandung atau sekadar mendengarkan lagu kesukaan mereka di ruang bersalin.

Lagu Rohani Yang Menguatkan
“Lagu favorit saya yang diputar di ruang bersalin saat melahirkan anak saya adalah lagu-lagu rohani yang tersimpan di ponsel saya. Selain memberi saya kekuatan saat berjuang melahirkan secara normal, lagu-lagu itu juga membuat saya pasrah kepada Tuhan, sehingga proses melahirkan dapat saya lewati dengan baik selama 4 jam saja.” (Yulia Andriani)

Lagu Suara Alam
“Sambil menunggu pembukaan, saya memutar lagu untuk meditasi yang berisi suara alam. Jadi, waktu itu di ruang bersalin ada suara-suara air terjun dan burung-burung yang terdengar sangat damai. Saya pun membayangkan diri saya berada di tempat yang damai seperti itu untuk mengalihkan rasa sakit sejenak sambil menunggu pembukaan selesai. Setelah menunggu selama 7 jam tanpa keluhan dan teriakan, akhirnya lahirlah Annabelle dengan lancar.” (Kristin Halim)

Ikut Bernyanyi Bersama ABBA
“Pada dasarnya, saya senang segala macam musik, tetapi musik ABBA menurut saya berbeda, karena mendengarkannya tidak perlu berpikir dan iramanya membuat perasaan senang. Jadi ketika akan melahirkan, saya pun memutar lagu ABBA sepanjang proses persalinan. Iramanya yang cenderung menghentak tidak malah membuat saya panik. Karena merasa rileks, saya bahkan sampai ikut menyanyikan lagu yang sedang diputar. Si Kecil akhirnya lahir ketika lagu Dancing Queen baru saja dimulai.” (Eka Deli)

(Gita/DMO/Dok. Freedigitalphotos)