FAMILY & LIFESTYLE

Sehatnya Buah Mangga



Musim mangga tiba, banyak orang menyukainya, karena rasanya yang menyegarkan. Mangga juga menjadi salah satu jjenis buah yang banyak digunakan untuk produk olahan makanan dan minuman. Di balik rasanya yang menyegarkan, mangga juga kaya manfaat. Apa saja?


1. Mangga kaya akan serat yang memiliki kandungan prebiotik, vitamin, mineral, dan senyawa flavonoid.


2. Menurut hasil penelitian, mangga baik untuk kinerja usus besar, payudara, melindungi tubuh dari risiko kanker leukemia dan prostat. Senyawa antioksidan polifenol dalam mangga dikenal dapat melindungi tubuh dari serangan kanker.


3. Buah mangga kaya akan vitamin A, betakaroten, alfakaroten, dan betakriptoksatin. Dalam 100 gr buah mangga segar terkandung 765 mg atau sekitar 25 persen senyawa-senyawa tersebut.


4. Mangga merupakan sumber kalium. Kalium merupakan komponen penting penyusun sel dan cairan tubuh, juga membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah .


5. Mangga juga kaya akan vitamin B6, vitamin C, dan vitamin E.


6. Zat tembaga yang terdapat dalam mangga sangat baik dalam membantu kinerja enzim dalam tubuh. Tembaga juga dibutuhkan untuk produksi sel darah merah.


7. Selain itu, kulit mangga juga kaya akan fitonutrien, seperti pigmen karotenoid dan senyawa antioksidan polifenol. (Gita/DMO/Dok. Freedigitalphotos)