TODDLER

Regangkan Otot Kaki Sejak Dini



Sebuah studi yang dilakukan di Universitas Swansea, Inggris, mengungkapkan bahwa anak-anak yang sering membungkuk saat bermain komputer, game, atau ponsel akan menghadapi masalah sakit punggung dan leher saat ia dewasa kelak. Melarang Si Kecil untuk berhenti main game memang bukanlah hal mudah, namun Anda bisa menyiasatinya dengan mengajak Si Kecil bersama-sama melakukan peregangan otot dengan gerakan sederhana berikut ini:


1. Bungkukkan badan dan sentuh ujung jari kaki, lalu tahan selama 5 detik. Ulangi gerakan ini 3 atau 5 kali.


2. Letakkan kedua tangan di atas pinggang, lalu putar pinggang searah jarum jam 5 kali. Setelah itu, lakukan gerakan memutar ke arah sebaliknya.


3. Angkat kedua tangan ke atas dengan jari dirapatkan, lalu tekuk tangan kanan ke belakang punggung, tangan kiri memegang siku tangan kanan. Hitung sampai 5, lalu lakukan hal yang sama pada tangan kiri.


4. Buka kedua kaki selebar bahu, lalu cium lutut kaki kanan, tahan hingga 5 detik. Ulangi 3 kali. Lakukan pada sisi yang lain.


5. Berbaringlah dengan kedua kaki dalam posisi lurus. Angkat salah satu kaki, tekuk kemudian tarik mengarah ke dada. Tahan selama 5 detik. Lakukan pengulangan gerakan ini sebanyak 5 kali sebelum berpindah ke kaki yang lainnya. (Karina/DMO/Dok.Freedigitalphotos)