FAMILY & LIFESTYLE

5 Tips Mudah Mengatur Rumah Tangga untuk Ibu Bekerja



Wanita terkenal dengan kemampuan multitasking sehingga dapat menjadi pengatur (manager) yang baik. Menyeimbangkan kegiatan kerja dengan tugas di rumah, seperti mengatur suami dan anak-anak, memang tidak mudah. Tetapi, dengan mengikuti beberapa prinsip manajemen berikut, Anda pasti dapat melakukannya, Moms!


1. Prioritas

Setiap harinya, Anda dapat menentukan prioritas mana yang lebih dulu harus dikerjakan hari ini. Buatlah to-do list yang akan Anda lakukan dari pagi hingga malam. Aktifkan reminder di gadget agar Anda tidak lupa. Kuncinya adalah mengetahui apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu dan apa yang dapat ditunggu. Menentukan prioritas akan membuat Anda bisa lebih fokus.


2. Planning

Setelah menentukan prioritas, Anda dapat melakukan perencanaan yang lebih detail. Malam hari sebelum tidur menjadi waktu terbaik bagi Anda membuat rencana untuk keesokan harinya. Pastikan Si Kecil dapat dijemput tepat waktu, menu makanan lengkap, hingga jadwal laundry dan lainnya.

Meski agak sulit karena lelah setelah seharian bekerja, percayalah ini akan membuat esok pagi Anda jadi lebih teratur. Lebih baik Anda berpikir keras di malam hari daripada repot pagi hari.


3. Organizing

Anda dapat membagi beberapa urusan rumah tangga dengan suami dan asisten rumah tangga. Aturlah siapa yang melakukan tugas rumah seperti menyapu, mengepel, merapikan kamar. Tentukan juga siapa yang mengurus anak, mengurus binatang peliharaan (jika ada), mengurus dapur, dan pembayaran rekening.

Bersama suami, Anda dapat menentukan jangka waktu pengerjaan tugas-tugas tersebut, dan tanggal berapa rekening ini-itu harus dibayar. Bagilah dengan cermat dan efektif, sesuai dengan kemampuan masing-masing.


4. Delegating

Beberapa ibu terkadang sulit melakukan hal ini karena ingin segala sesuatunya ditangani oleh dirinya sendiri. Namun ingat, Anda adalah ibu bekerja yang harus membagi waktu antara pekerjaan dan urusan rumah tangga. Sebagai manager, Anda harus berani mendelegasikan dan mempercayakan hal-hal yang sudah Anda bagi pada suami, asisten rumah tangga, hingga supir.

Anda juga bisa mengajak anak yang sudah lebih besar untuk membantu mengurus rumah. Latih dan buatlah panduan dan aturan agar mereka dapat melakukan tugas dengan sebaik-baiknya. Percayalah pada orang yang Anda delegasikan, ya!


5. Consolidating

Untuk memudahkan Anda, buatlah semacam keranjang atau lemari khusus untuk menaruh barang. Satukan barang-barang dengan kategori yang sama, misalnya tempatkan seragam dan baju anak-anak di satu tempat, sedangkan payung, buku, hingga sepatu di tempat yang berbeda agar tidak tercecer.

Minta seluruh anggota keluarga untuk selalu patuh menaruh barang-barang di tempat yang sudah ditentukan. Jika perlu, tempel label pada masing-masing tempat. (M&B/Tiffany/SW/Dok. Freepik)