TODDLER

Agar Anak Tidak Membangkang



Anda tidak tahan Si Kecil bertingkah menyebalkan dan tidak mau menuruti perintah Anda? Jangan terburu-buru marah dan membentaknya. Hal itu tidak akan menyelesaikan masalah, justru semakin membuatnya membangkang.

Dilansir melalui Babycenter, bila anak Anda suka bermasalah dalam menuruti perintah Anda, cobalah mencari akar permasalahannya untuk mendapatkan solusi. Bicaralah pada Si Kecil dan cari tahu mengapa ia membangkang. Misalnya, mungkin saja ia bersembunyi makan di dapur, karena Anda tidak suka ia makan camilan sebelum makan malam tiba. Bila hal seperti itu terjadi, Anda bisa menjelaskan kepadanya kalau ia boleh makan camilan yang sehat, seperti buah atau keju, yang tidak terlalu berdekatan dengan waktu makan malam.

Bila ia selalu berkelahi dengan Anda saat mandi di pagi hari, karena tidak mau berangkat ke sekolah, jangan langsung memarahinya dan berkata keras. Tanyakan kepadanya mengapa ia bertingkah seperti itu setiap pagi dengan baik-baik. Ia pun tentu akan mengakui apa yang memberatkannya, misalnya ia tidak suka dengan guru barunya atau dengan salah satu temannya di kelas. Jika Anda tidak langsung memarahinya serta mendengarkan keluhan Si Kecil, ia akan merasa kalau Anda peduli dan berusaha membantunya memecahkan masalah. Si Kecil pun akan menjadi lebih tenang dan mengurangi sifat membangkangnya. (Sagar/DMO/Dok. M&B)