TODDLER

Tips Atasi Anak Obesitas

anak obesitas


Saat ini, obesitas atau kelebihan berat badan tidak hanya menjadi masalah bagi orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Berdasarkan data Badan Kesehatan Dunia (WHO), kasus obesitas di seluruh dunia bertambah lebih dari 2 kali lipat sejak 1980. Sementara pada 2010, hampir 43 juta anak di bawah usia 5 tahun mengalami kelebihan berat badan. Hal ini tentu cukup mengkhawatirkan, mengingat obesitas dapat berujung berbagai penyakit kronis.

Untuk mengatasi obesitas, diperlukan perubahan perilaku dan kebiasaan, serta pola hidup sehat. Namun, membujuk Si Kecil yang obesitas tentu tidak semudah memberi edukasi pada orang dewasa. Berikut tips yang bisa Anda coba untuk membantu Si Kecil terhindar dari obesitas.

1. Anak yang obesitas biasanya malas untuk bergerak atau berolahraga, karena bobot tubuhnya yang terlalu besar. Anda perlu memilih aktivitas fisik yang menyenangkan untuk Si Kecil dan bisa dilakukan bersama keluarga, seperti bersepeda dan bermain dengan gerakan. Namun, Anda perlu berhati-hati mengingat anak yang obesitas sering kali mengalami gangguan sendi saat beraktivitas.
2. Kurangi asupan gula dan fast food.
3. Sesekali, bujuk ia untuk berolahraga bersama Anda. Lakukan gerakan streching ringan yang mudah dilakukan Si Kecil.
4. Batasi jumlah camilan Si Kecil.
5. Kurangi porsi menonton TV, dan perbanyak aktivitas fisiknya.
6. Coba cari cara agar anak sadar bahwa mengubah perilakunya adalah sebuah kebutuhan. Misalnya, saat teman di sekolahnya mulai mengejek fisiknya yang terlalu besar, inilah kesempatan Anda untuk membujuknya agar mau menjaga berat badan tubuhnya. (Aulia/DMO/Dok. M&B)