FAMILY & LIFESTYLE

Earphone Sebabkan Infeksi Telinga



Apakah Anda sering mendengarkan musik dari earphone yang bentuknya melekat ke bagian dalam daun telinga? Jika ya, sebaiknya Anda berhati-hati. Pasalnya, Online Journal of Health and Allide Sciences (2009) melaporkan bahwa penggunaan earphone dengan bentuk tersebut menimbulkan risiko infeksi telinga.

Temuan studi ini, jumlah bakteri penyebab infeksi telinga ribuan kali lebih banyak pada 50 laki-laki muda dibandingkan dengan orang-orang yang jarang mendengarkan musik lewat earphone. “Hal ini mungkin saja terjadi, karena earphone menyebabkan bagian dalam daun telinga menjadi hangat, sehingga bakteri menjadi mudah berbiak,“ ujar para ilmuwan dari Kasturba Medical College, India.

Dilansir melalui Dailymail UK, saling pinjam-meminjam earphone dengan orang lain pun akan meningkatkan risiko infeksi telinga. Selain itu, ada kemungkinan risiko yang sama terjadi pada orang-orang yang menggunakan alat-alat sejenis di telinganya dalam jangka waktu panjang, misalnya alat bantu dengar. (Sagar/DMO/Dok. M&B)