BUMP TO BIRTH

Tips Tetap Aman Menyusui saat Mengalami Milk Blister



Masa menyusui bisa menjadi momen yang membahagiakan, tapi tak jarang pula menjadi momen yang menantang saat Anda mengalami gangguan.Buat ibu menyusui, mengalami gangguan saat pemberian ASI kepada bayi merupakan hal yang bikin khawatir, ya. Salah satu hambatan yang bisa dialami di masa menyusui adalah milk blister.

Milk blister sendiri merupakan kondisi munculnya bintil putih seperti jerawat di area puting payudara. Hal tersebut terjadi ketika adanya kulit baru yang tumbuh dan kemudian menutupi lubang pori-pori puting serta menumpuk ASI di dalamnya.

Milk blister bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan bahkan sakit saat Moms sedang menyusui Si Kecil, seakan puting payudara Anda ditusuk oleh ribuan jarum. Meski begitu, jika Moms mengalami hal ini, tak usah khawatir. Proses pemberian ASI kepada Si Kecil tetap bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Baca juga: Masalah Ibu Menyusui: Produksi ASI Sedikit

Tetap aman saat mengalami milk blister

Selain pertumbuhan kulit baru akibat lecet yang dialami sebelumnya, milk blister juga bisa terjadi karena beberapa hal, misalnya karena tekanan yang berlebihan di area tertentu pada payudara atau adanya jamur penyebab sariawan pada bayi yang bisa menyebabkan timbulnya luka jerawat.

Namun, milk blister juga bisa terjadi apabila Moms pernah memiliki riwayat penyakit herpes. Kondisi ini sayangnya dapat menghentikan proses menyusui, tapi hanya untuk sementara waktu atau hingga dokter menyatakan Anda sudah sembuh. Hal ini perlu dilakukan agar Si Kecil tidak terpapar virus dari penyakit ini.

Pemberian ASI untuk bayi Anda sebenarnya masih bisa dilakukan jika milk blister terjadi hanya di salah satu payudara. Dengan begitu, Moms masih bisa menyusui langsung di payudara yang satunya lagi tanpa perlu khawatir. Namun, pastikan untuk tetap memompa payudara Anda secara rutin untuk mencegah pembengkakan payudara (mastitis) dan tetap menjaga pasokan ASI sesuai dengan kebutuhan Si Kecil.

Baca juga: Mastitis pada Ibu Menyusui, Ini Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Tips mengatasi milk blister

Keberadaan jerawat di area puting payudara sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, karena proses menyusui tetap harus berlangsung, maka Moms perlu mengatasi kondisi ini dengan perawatan di rumah berikut ini.

1. Jangan pecahkan milk blister secara sengaja. Sebaliknya, kompres payudara dengan lap hangat setiap kali Anda menyusui untuk membuka kembali pori-pori puting yang tersumbat.

2. Pastikan pelekatan bayi Anda sudah benar dan sesuaikan posisi Si Kecil saat menyusui sehingga ia merasa nyaman.

3. Perhatikan jika timbul tanda-tanda infeksi yang mengharuskan Anda segera memeriksakannya ke dokter atau ahli laktasi.

4. Gunakan obat nyeri yang aman yang sesuai dengan anjuran dokter usai pemeriksaan kondisi Anda.

5. Hindari penggunaan sabut saat membersihkan puting, terutama saat milk blister terjadi.

6. Pakailah breast shell atau breast pad untuk menjaga puting payudara tidak bergesekan dengan bra dan/atau pakaian Anda.

Semoga kondisi Anda makin membaik dan proses pemberian ASI untuk Si Kecil kembali berjalan lancar ya, Moms. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik)