BABY

Rahasia Gumam Bayi



Setelah menjadi seorang ibu, Anda pasti ingin selalu bersama Si Bayi. Ia pun menjadi prioritas utama dalam kehidupan Anda. Namun karena bayi belum bisa mengungkapkan isi hatinya, Anda mungkin merasa selalu 'berbicara sendiri', karena ia tidak pernah membalas ucapan Anda. Padahal dilansir melalui M&B AU, bayi sebenarnya dapat berkomunikasi dengan caranya sendiri.

“Tangisan dan beberapa hal yang dilakukannya adalah cara bayi menjalin komunikasi dengan Anda. Sejak lahir, ia sudah mampu membedakan berbagai macam suara, temasuk suara manusia. Jadi, perhatikan bagaimana ia merespons suara-suara di sekitarnya. Pelajari setiap detail yang dilakukannya, sehingga bonding di antara Anda dan bayi menjadi lebih erat,“ saran Sharon Donaldson, ahli dari M&B.

Ketika bayi bersemangat menggumamkan sesuatu. Itu adalah cara ia mengatakan, “Lihat aku!“ atau “Aku senang melakukan ini!“ Ya, saat ia menyadari kalau ia bisa bicara, ia akan mulai 'berbicara' menggunakan beragam suara. “Bayi mudah menyukai sesuatu yang simpel, misalnya saat ia bermain dengan mainannya, melihat sesuatu dari sudut matanya, atau sekedar mendapatkan perhatian Anda. Ia pun akan bergumam sebagai ungkapan rasa senangnya,“ jelas Sharon yang juga merupakan perawat kesehatan keluarga.

Karenanya saat Si Bayi bergumam, segera respons dengan nada suara senang. Katakan padanya, “Senang ya, Nak?“ atau “Kamu mau ini? Sebentar ya, mama berikan“, sehingga Anda dan Si Kecil pun dapat menciptakan komunikasi 2 arah. (Sagar/DC/Dok. M&B)