FAMILY & LIFESTYLE

Atasi Sunburn dengan Mentimun



Sunburn atau luka akibat paparan sinar matahari dapat terjadi dalam waktu 20 menit. Akan tetapi mungkin Anda tidak tahu kalau peradangan kulit akan terjadi 5 jam setelahnya, yaitu kulit menjadi memerah dan bengkak disertai rasa nyeri. Bila itu terjadi, jangan panik! Obatnya ada, kok, di dalam kulkas Anda sendiri.

Mentimun biasanya sering digunakan menjadi masker wajah atau sebagai bahan mengompres mata saat lelah dan bengkak. Namun tidak hanya itu, mentimun pun dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit pada bagian kulit yang terbakar matahari. Dilansir dari Dailymail UK, mentimun mengandung vitamin C dan asam caffeic (antioksidan yang juga terdapat di dalam kopi), yang keduanya memiliki efek anti-inflamasi sehingga mampu mengurangi iritasi akibat sengatan matahari.

Walaupun banyak bahan makanan lain yang mengandung vitamin C, kombinasi dari 2 senyawa tersebut lebih baik digunakan untuk mengatasi sunburn. Apalagi ditambah efek dingin yang dimiliki mentimun. Jika area sunburn tidak besar, Anda bisa langsung memotong tipis mentimun lalu menaruhnya di atas permukaan kulit. Sementara itu bila area sunburn cukup besar, sebaiknya parut atau haluskan mentimun menggunakan blender (jumlahnya disesuaikan dengan banyaknya area sunburn pada kulit). Setelah itu baru diaplikasikan ke kulit. Agar tidak berantakan saat Anda bergerak, balut dengan perban yang bersih. (Sagar/DT/Dok. Freedigitalphotos)