TODDLER

Makanan Sumber Kalsium untuk Dukung Tumbuh Kembang Anak



Untuk mendukung tumbuh kembang anak yang optimal, Moms perlu memenuhi kebutuhan nutrisinya. Salah satu mineral yang penting untuk tumbuh kembang Si Kecil adalah kalsium yang berperan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, meningkatkan metabolisme, serta membangun kekuatan otot.

Sebagai informasi, kebutuhan kalsium harian setiap anak berbeda-beda, tergantung usia. Anak usia 7-12 bulan membutuhkan sekitar 260 mg, balita usia 1-3 tahun sekitar 700 mg, dan anak di atas 4 tahun memerlukan 1.000 mg kalsium per hari.

Nah, agar kebutuhan kalsium anak bisa terpenuhi, Moms perlu memberikan beragam makanan kaya kalsium untuknya. Berikut ini sejumlah makanan sumber kalsium yang penting buat Si Kecil.

1. Susu dan produk olahannya

Seperti diketahui, susu memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Karena itu, tak heran jika susu menjadi sumber utama yang bisa diberikan kepada Si Kecil setiap hari. Selain susu, Moms juga bisa memberikan produk olahan susu, seperti keju dan yoghurt. Namun, Anda tetap perlu membatasi pemberian produk olahan susu pada anak karena adanya kandungan lemak yang bisa memicu obesitas jika dikonsumsi secara berlebihan ya, Moms.

2. Kacang kedelai dan almond

Jika Si Kecil memiliki intoleransi laktosa, Moms bisa mengganti susu dengan susu dari kacang kedelai atau kacang almond. Kedua jenis kacang ini memiliki kandungan kalsium yang juga cukup tinggi. Selain itu, kedelai dan almond juga mengandung zat besi, serat, dan mineral lain yang dibutuhkan tubuh untuk mengoptimalkan tumbuh kembang balita Anda.

Baca juga: Enggak Cuma Enak, Ini Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan

3. Sayuran hijau dan buah-buahan

Brokoli, bayam, buncis, kacang panjang, pokcoy, dan jenis sayuran hijau lainnya juga menjadi sumber yang baik untuk memenuhi kebutuhan kalsium anak Anda. Selain kalsium, jenis sayuran ini juga kaya folat, vitamin A, C, E, dan K, serta B kompleks.

Tak hanya sayur, buah-buahan seperti jeruk, pepaya, dan alpukat juga tidak boleh ketinggalan untuk diberikan kepada Si Kecil sebagai sumber kalsium. Setidaknya, ada sekitar 20-40 miligram kalsium terkandung di buah-buahan tersebut.

4. Olahan kedelai

Selain dijadikan sebagai susu, kacang kedelai yang diolah menjadi tahu dan tempe juga tetap mengandung kalsium yang dibutuhkan anak Anda. Edamame yang masih satu family dengan kacang kedelai juga bisa Moms jadikan camilan atau menu utama Si Kecil yang akan memenuhi kebutuhan kalsium hariannya. Hasil dari olahan kedelai ini pun bisa berperan sebagai sumber protein yang mampu memperbaiki jaringan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh anak.

5. Ikan dan daging

Jenis ikan seperti salmon dan sarden juga bisa dikonsumsi Si Kecil secara rutin sebagai sumber kalsium. Kedua ikan ini pun mengandung omega-3 yang akan menambah kecerdasan otak, serta protein hewani dan vitamin D yang membantu meningkatkan metabolisme. Moms juga bisa mengolah daging merah, daging ayam, serta telur sebagai sumber kalsum yang dibutuhkan selama fase tumbuh kembang anak.

Tidak bisa dimungkiri, beberapa sumber kalsium tersebut memang bisa menimbulkan reaksi alergen pada anak. Jadi, sebelum memberikannya kepada Si Kecil, Moms bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk memaksimalkan pemenuhan kalsium, baik dengan mengganti makanan atau menambahkan suplemen sesuai anjuran. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik)