TODDLER

Agar Si Kecil Aman Berenang



Berdasarkan studi terbaru dari para ahli Water Babies, 44 persen orangtua takut tidak dapat menyelamatkan anaknya saat sedang dalam masalah. Dan dari data statistik yang muncul, 60 anak tenggelam setiap tahunnya. Anda sebagai orangtua tentu sedikit khawatir mengajak anak berenang saat liburan. Namun Anda tidak perlu cemas. Dilansir melalui M&B UK, Water Babies memberikan beberapa tip yang bisa Anda lakukan saat mengajak Si Kecil berenang.

1. Selalu perhatikan Si Kecil
Sangat penting bagi para orangtua atau orang dewasa lain yang menemani anak berenang, baik di kolam renang atau di pantai, untuk selalu memerhatikan Si Kecil saat berenang. Jangan tinggalkan anak Anda yang lebih tua untuk mengawasi balita berenang sendirian karena mereka belum bisa bertanggung jawab bila sesuatu tiba-tiba terjadi.

2. Mencari informasi
Sebelum pergi berenang bersama Si Kecil, pastikan Anda dan seluruh keluarga mengetahui di mana menemukan petugas yang berjaga di sekitar tempat berenang serta bagaimana cara untuk meminta bantuan mereka. Jika Anda sedang berada di luar kota atau luar negeri, cari tahu nomor pelayanan darurat setempat dan simpan di ponsel Anda untuk mendapatkan penanganan yang cepat saat terjadi sesuatu.

3. Pelampung belum tentu aman
Walaupun Si Kecil sudah dibekali pelampung di sekitar tubuhnya, Anda tetap tidak boleh lengah dan menganggap ia sudah aman lalu membiarkannya bermain sendirian. Si Kecil harus tetap dalam pengawasan Anda selama berenang ya, Moms.

4. Cek semua kondisi
Apabila Anda ke pantai, menjauhlah dari area yang tidak berada di bawah pengawasan petugas keamanan, ombak yang tinggi, dan arus yang besar. Perhatikan perubahan situasi di sekitar tempat berenang dan pelajari tanda-tanda perubahan kondisi pantai. Selain itu, jangan lupa melindungi Si Kecil dari cuaca panas, misalnya menggunakan sunblock dan topi. Selamat berlibur, Moms! (Sagar/DT/Dok. M&B)