FAMILY & LIFESTYLE

Minyak Goreng Masih Mahal, Ini Alternatif Penggantinya untuk Memasak



Saat ini masalah seputar minyak goreng belum juga kelar. Dari yang sebelumnya langka, kini minyak goreng dilaporkan harganya kembali mahal usai Harga Eceran Tertinggi (HET) dicabut. Masalah ini tentunya menjadi hal yang sangat memusingkan untuk para ibu rumah tangga. Apalagi minyak goreng termasuk salah satu kebutuhan dapur yang penting keberadaannya.

Meskipun begitu, Moms mesti putar otak buat menyiasati harga minyak goreng yang membumbung tinggi ini. Selain mengolah masakan dengan cara lain selain menggoreng, yang tentunya sedikit atau tidak membutuhkan minyak goreng, seperti menumis, memanggang, atau merebus, Anda juga bisa menggunakan alternatif pengganti minyak goreng untuk memasak.

Nah, berikut ini sejumlah alternatif pengganti minyak goreng yang bisa Anda pakai untuk memasak, Moms.

1. Minyak kelapa

Banyak yang belum tahu bahwa minyak kelapa dan minyak kelapa sawit adalah dua hal yang berbeda. Saat minyak kelapa sawit sedang mahal harganya, minyak kelapa bisa menjadi alternatif. Minyak kelapa dapat digunakan untuk memasak makanan dengan suhu hangat hingga tinggi, karena memiliki kestabilan pada panas yang tinggi.

Minyak ini juga menghasilkan aroma yang lebih harum dan lezat untuk masakan. 92 persen kandungan minyak kelapa adalah lemak jenuh dan tahan terhadap oksidasi. Namun, disarankan untuk menggunakan minyak kelapa ketika menggoreng dangkal (shallow frying) karena titik asapnya yang rendah.

2. Mentega

Mentega bisa Anda gunakan untuk menumis dan menggoreng bahan makanan yang tidak membutuhkan banyak minyak atau disebut dengan istilah shallow frying, seperti telur, sosis, atau udang. Nah, jika minyak goreng sulit didapat atau harganya sangat mahal, Moms bisa gunakan mentega sebagai solusi alternatif penggantinya.

3. Margarin

Margarin beda dengan mentega, lho. Margarin diolah dari lemak nabati, sedangkan mentega diolah dari lemak hewani. Sama halnya dengan mentega, Moms juga bisa pakai margarin sebagai alternatif pengganti minyak goreng untuk menumis atau menggoreng dengan teknik shallow frying.

4. Minyak zaitun

Sebenarnya, bisa dibilang harga minyak zaitun tidak lebih murah daripada minyak goreng, tetapi minyak ini bisa jadi pilihan Anda untuk gaya hidup yang lebih sehat. Jenis minyak zaitun yang biasa dipakai untuk mengolah masakan adalah olive oil biasa dan extra virgin olive oil. Minyak ini punya titik asap relatif lebih rendah dibandingkan jenis minyak lainnya, sehingga sebaiknya digunakan saat memasak dengan api kecil dan sedang. Extra virgin olive oil juga bisa Anda gunakan langsung untuk campuran salad.

5. Minyak wijen

Minyak wijen umumnya digunakan untuk mengolah masakan ala China karena rasanya yang kuat. Minyak ini memiliki titik asap yang tinggi sehingga bisa digunakan sebagai minyak goreng pengganti minyak kelapa sawit untuk resep masakan dengan panas api yang tinggi.

6. Minyak canola

Minyak canola dibuat dari biji tanaman canola dan menjadi salah satu jenis minyak goreng sehat untuk menggoreng dan menumis makanan. Minyak canola mengandung sejumlah antioksidan dan lemak tak jenuh tunggal serta sedikit lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan. Minyak ini bisa menjadi alternatif pengganti yang sehat untuk minyak goreng. Minyak ini memiliki titik asap yang tinggi sehingga dapat digunakan untuk menggoreng makanan dengan suhu tinggi.

7. Minyak bunga matahari

Seperti namanya, minyak alternatif ini berasal dari hasil proses bunga matahari. Minyak ini memiliki titik asap yang tinggi dan punya rasa cukup kuat sehingga cocok untuk menggoreng makanan. Namun, jangan berlebihan mengonsumsi minyak bunga matahari karena di dalamnya terdapat kandungan omega-6 cukup tinggi yang bisa menyebabkan peradangan pada tubuh.

8. Minyak alpukat

Minyak alpukat berasal dari ekstrak buah alpukat. Minyak ini bisa digunakan untuk menggoreng ringan karena memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang tinggi, sehingga stabil saat dipanaskan. Meskipun begitu, disarankan untuk menggunakan minyak alpukat sebagai minyak tumisan.

9. Air fryer

Selain mencari pengganti minyak goreng, Anda juga bisa pakai air fryer. Alat ini menawarkan solusi memasak dengan sedikit atau tanpa minyak karena bekerja dengan cara menyebarkan udara panas di sekeliling makanan. Makanan yang dimasak dengan air fryer akan memiliki kandungan lemak lebih sedikit dibanding makanan yang dimasak dengan minyak goreng.

Baca juga: Mengenal Air Fryer, Cara Menggoreng Sehat Tanpa Minyak

(M&B/SW/Foto: Senivpetro/Freepik)