FAMILY & LIFESTYLE

Dampak Herpes Zoster



Virus cacar air yang kembali aktif saat usia lanjut diketahui dapat berkembang menjadi herpes zoster, dan dikenal dengan cacar ular. Herpes zoster memiliki dampak yang sangat serius. Bagi sebagian besar orang, rasa nyeri akan berkurang seiring dengan menghilangnya ruam, namun bagi beberapa orang herpes zoster dapat menyebabkan rasa nyeri jangka panjang yang dikenal dengan istilah Neuralgia Paska Herpes.

Neuralgia Paska Herpes ini merupakan komplikasi yang paling umum dari herpes zoster. Gejalanya yaitu rasa nyeri yang berlangsung terus menerus selama lebih dari 90 hari sejak ruam timbul. Komplikasi ini muncul sebagai akibat rusaknya serabut saraf akibat dari aktivitas virus yang berulang.

Pada banyak orang yang mengalami rasa nyeri yang berkepanjangan, sentuhan kain lembut atau angin sepoi-sepoi pada kulit sekalipun dapat sangat menyakitkan. Hal tersebut dikenal dengan istilah Allodynia, atau rasa nyeri yang timbul akibat stimulus ringan. Maka, sudah dipastikan sangat mengganggu kegiatan harian Anda.

Gejala penyakit ini seringkali sulit diprediksi karena terlalu umum. Namun, dapat dirasakan seperti timbulnya rasa gatal, kesemutan, dan sensasi terbakar pada kulit. Selain itu, tidak ada pengobatan yang dapat menyembuhkan herpes zoster, karena virus cacar air sudah menetap di dalam sistem saraf. Akan tetapi, vaksinasi herpes zoster dapat membantu mengurangi risiko virus tersebut aktif kembali, sehingga dapat mengurangi risiko timbulnya herpes zoster. (Aulia/DT/dok.freedigitalphotos)

BACA JUGA: Herpes Akibat Virus Cacar