FAMILY & LIFESTYLE

10 Tipe Suami Idaman yang Bikin Pernikahan Langgeng dan Bahagia



Tidak ada manusia yang sempurna, tetapi setiap wanita pasti berusaha mendapatkan suami dengan berbagai kriteria idaman. Suami idaman diharapkan bisa menemani Anda mengarungi bahtera rumah tangga dengan lebih nyaman, saling menguatkan, dan tentunya langgeng sampai akhir hayat.

Apa saja sih tipe suami idaman para wanita? Apakah suami Anda salah satunya? Yuk, lihat kriteria atau tipe suami idaman yang membuat seorang wanita bersyukur menikahinya.

1. Setia

Wah, sifat yang satu ini tentunya wajib ada di check list tipe-tipe suami idaman ya, Moms. Kesetiaan adalah modal awal untuk memiliki pernikahan yang langgeng dan bahagia. Bukan cuma pantang selingkuh dengan perempuan lain, pantang selingkuh urusan finansial juga termasuk dalam ujian kesetiaan, lho.

2. Taat beribadah

Bukan sekadar kepala keluarga, tipe suami idaman juga diharapkan bisa menjadi imam yang baik. Segala rintangan tentu akan terasa lebih mudah dihadapi jika memiliki suami yang taat beribadah dan bisa menjaga keluarganya lebih dekat kepada Sang Pencipta.

Suami dengan ilmu agama yang baik tentu akan berusaha untuk membahagiakan dan menghormati anak, istri, orang tua, dan keluarga dengan baik juga.

3. Perhatian

Istri mana yang tidak “meleleh" jika selalu diberi perhatian oleh suaminya. Perhatian suami jauh lebih berarti daripada perhiasan, karena bagi wanita, merasa dicintai suami bisa membuatnya jauh dari depresi, galau, dan kecurigaan. Bentuk perhatian sederhana seperti mengucapkan selamat hari jadi pernikahan dan selamat ulang tahun saja sudah cukup bikin bahagia ya, Moms.

4. Jujur

Tak bisa ditawar lagi, kejujuran adalah hal utama yang bisa membuat pernikahan bebas worry! Wajar jika wanita mencari suami idaman yang jujur, karena sekali ketahuan berbohong, pernikahan akan dipenuhi dengan rasa was-was. So, jangan nodai pernikahan dengan kebohongan, ya.

5. Pekerja keras

Sebagai kepala keluarga, tipe suami pekerja keras tentu tidak sekadar ingin menafkahi keluarga, tetapi juga memberi contoh etos kerja yang baik pada anak dan istrinya. Tipe pekerja keras memang menjadi tipe suami idaman, karena memiliki keinginan kuat untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan menunjukkan bahwa ia punya tanggung jawab besar. Bekerja keras artinya tetap bisa menyeimbangkan waktu untuk pekerjaan dan keluarga, bukan berarti workaholic, lho!

6. Bisa jadi contoh yang baik

Setelah menjadi suami, tipe pria idaman ini akan berubah menjadi lebih baik agar keluarganya bisa mencontoh sikap baik tersebut. Memberikan contoh sikap yang baik kelak akan menjadi blue print keturunannya dalam bersikap. Jangan sepelekan sikap suami idaman yang satu ini ya, Moms.

7. Enak diajak berdiskusi

Komunikasi lancar, pernikahan lancar! Tipe suami idaman berikutnya adalah enak diajak ngobrol dan diskusi. Ngobrol santai bisa, diskusi serius juga bisa. Kalau punya suami seperti ini, Moms pasti senang karena segala masalah dan keluh kesah ada yang mendengarkan dan bersama-sama mencari solusinya. Bukan tipe suami yang serba “terserah Mama” tiap diajak diskusi.

8. Selalu ada untuk anak

Suami yang menjadi ayah yang baik? Tipe suami idaman banget nih, Moms! Ia selalu ada untuk anak. Ia pun tahu banget kalau kebutuhan anak bukan cuma soal finansial, tetapi juga perhatian dan kasih sayang. Ia mengerti kalau bonding kuat antara anak dan ayah bisa memberikan banyak manfaat untuk tumbuh kembang Si Kecil. Anak belajar banyak dari ayahnya, lho.

9. Tidak kasar

Duh, KDRT atau kekerasan dalam rumah tangga makin marak terjadi, Moms. Tipe suami idaman tentu saja yang tidak bersikap kasar pada anak dan istri. Tak peduli masalahnya sebesar apa, ia bisa mengontrol emosinya dan meluapkannya tanpa tindakan kasar. Sikap suami yang kasar bisa menjadi contoh yang tidak baik untuk Si Kecil lho, Moms. Cruelty is never okay, don’t normalize it!

10. Menerima apa adanya

Pasang surut pernikahan akan memberikan banyak perubahan. Salah satu tipe suami idaman adalah yang selalu menerima apa adanya dan tidak banyak menuntut. Istri tentu berusaha untuk memberikan yang terbaik dan suami selalu menerima apa adanya tanpa memandang fisik dan kondisi. Lebih pentingnya lagi, suami idaman tidak membanding-bandingkan Anda dengan wanita lain.

Dari sekian banyak kriteria suami idaman di atas, suami Anda salah satunya kah, Moms? (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Wayhomestudio/Freepik)