Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

9 Ciri Pasangan yang Setia, Apakah Anda Salah Satunya?

9 Ciri Pasangan yang Setia, Apakah Anda Salah Satunya?

Dari sekian banyak sifat baik pasangan, setia tentu menjadi sifat yang paling disyukuri ya, Moms. Memiliki pasangan yang setia memang tidak hanya membuat hati tenang, tetapi juga membuat pernikahan langgeng dan bahagia. Pertanyaannya, bagaimana mengetahui pasangan setia atau tidak?

baca juga: Enggak Susah Kok, Ini Tips Menjaga Kesetiaan Antara Suami dan Istri

Tidak perlu ada badai dulu untuk menguji kesetiaan, karena ada ciri-ciri pasangan setia yang bisa Moms cek sendiri, lho! Penasaran? Yuk, ketahui ciri-ciri pasangan setia berikut ini!

1. Senang bertemu Anda

Setelah dari pagi berpisah untuk menjalankan kesibukan masing-masing, apakah pasangan terlihat bahagia saat bertemu Anda lagi? Walaupun terkadang ada hari di mana pasangan sedang sangat terpuruk, ia mungkin saja setiap hari selalu pulang dengan tatapan rindu dan bahagia saat melihat Anda lagi. Jika ya, itu ciri pasangan yang setia lho, Moms.

2. Menceritakan Anda ke teman-temannya

Jika Anda bertemu teman-teman pasangan Anda dan mereka tidak tahu apa-apa tentang Anda, maka itu bisa menjadi red flags. Margaret Paul, relationship expert, mengatakan pada Huffington Post bahwa salah satu tanda pasangan setia adalah sering menceritakan Anda ke teman-temannya.

3. Tidak menyimpan rahasia

Sering menyembunyikan hal dari pasangan? Wah, ini tentu bisa merusak rasa percaya dan bahkan bisa menjadi bibit pemicu perselingkuhan, lho. Menurut studi Forbes, 20 persen pasangan menikah memiliki rahasia finansial dari pasangannya. Maka jika Anda memiliki pasangan yang jujur (mulai dari soal finansial hingga masa lalu) dan tidak menyimpan rahasia, maka ini bisa jadi tanda pasangan yang setia.

4. Anda boleh cek HP

Ada pasangan yang merasa ponselnya tak boleh disentuh siapa pun, termasuk pasangan sendiri. Padahal dalam pernikahan yang setia, ponsel bukan ancaman. Tak ada pihak yang harus merasa curiga dan dicurigai. Maka, jangan heran kalau pasangan setia umumnya tidak keberatan berbagi ponsel dengan pasangannya, ya. Ini juga bisa tanda kalau pasangan Anda terbuka dan tidak menyembunyikan apa pun yang membuat Anda jadi tidak nyaman.

5. Punya batasan dengan teman

Berteman dengan siapa saja bukan masalah, tetapi harus tetap punya batasan normal. Sebuah artikel di Today menyebutkan kalau menjaga batas pertemanan bisa menjadi parameter pernikahan yang setia. Artikel tersebut juga menyebutkan kalau 40 persen perselingkuhan dimulai dengan kedekatan rekan kerja. Jadi, jika pasangan Anda menyadari pentingnya menjaga batas pertemanan dan terbuka dengan siapa saja ia bergaul, maka itu bisa jadi tanda pasangan setia.

6. Merasa dihargai

“Merasa dihargai dan yakin kalau pasangan Anda menilai Anda berharga dapat secara langsung memengaruhi perasaan Anda pada pernikahan, betapa berkomitmennya Anda dengan pernikahan tersebut, dan Anda jadi yakin akan langgeng,” tulis seorang co-author pada studi yang dilakukan oleh University of Georgia. Hal sederhana seperti mengucapkan “terima kasih” bisa membuat pasangan merasa dihargai, lho.

7. Pasangan memilih teman yang baik

Dengan siapa ia berteman ternyata bisa memengaruhi sikap seseorang. Ini termasuk juga sikap pasangan dalam menjaga kesetiaan. Jika pasangan Anda memilih teman yang sering mengingatkannya untuk selalu setia dan lebih picky dalam bergaul dengan orang-orang yang tidak setia, maka Anda bisa lebih tenang karena itu tanda pasangan Anda bersedia untuk menjaga komitmen pernikahan.

8. Tidak genit

Anda tentu bisa membedakan mana pasangan yang sekadar ramah dan mana yang memang genit dengan lawan bicara (terutama yang berpenampilan menarik). Namun jika Anda memiliki pasangan yang tidak flirty atau suka menggoda orang lain, maka bisa jadi ia menjaga kesetiaannya hanya untuk Anda. Pasangan yang tidak genit juga suka memastikan Anda tahu kalau ia menjaga pandangannya, sehingga tercipta kenyamanan dan ketenangan di hati Anda.

Baca juga: 8 Ujian Kesetiaan yang Bisa Mengakhiri Pernikahan Anda

9. Firasat tak pernah salah!

Dari sekian banyak tanda pasangan setia, ada satu hal yang paling sulit dibantah: firasat! Khususnya para istri, untuk mengetahui apakah pasangannya setia atau tidak, pasti bisa dirasakan lewat firasat. Ini tidak begitu saja terjadi, karena firasat merupakan kumpulan nalar yang terbentuk dari berbagai perubahan.

Menurut Nuran Abdat, M.Psi, Psi, Adult Psychologist dari Brawijaya Clinic Kemang, ada 6 ciri pasangan selingkuh, yaitu: perubahan sikap, pola komunikasi, penampilan, aktivitas, seksual, dan suka mengabaikan pasangan. Nah, ketika semua perubahan itu terjadi, maka saat itulah firasat mulai memberi sinyal. Semoga masalah seperti ini tidak pernah terjadi di pernikahan Anda ya, Moms dan Dads. (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Atlascompany/Freepik)