TODDLER

Ikut Belajar Bersama Si Kecil



Anak-anak jeli memerhatikan sesuatu di sekitarnya ketika ia sudah cukup besar. Hal-hal yang biasanya kita anggap tidak terlalu penting, seperti kerang yang berserakan di pantai, bunga-bunga yang bisa dirangkai menjadi mahkota cantik, atau sinar matahari di atas kolam renang, dapat menarik perhatian Si Kecil dan membuatnya bertanya-tanya kepada Anda.

Anda perlu mendengarkan opini dan rasa penasarannya tanpa menertawakan atau terlihat risi. Keingintahuan terhadap banyak hal adalah sesuatu yang normal pada anak. Ia pun akan merasa tidak puas jika belum mendapatkan jawaban sebenarnya. Si Kecil ternyata dapat mengetahui kalau Anda berbohong lho, Moms! Jadi bila Anda tidak tahu jawaban dari pertanyaan Si Kecil, jangan asal membuat jawaban sendiri. Katakan secara jujur kalau Anda tidak tahu lalu ajak ia mencari jawabannya bersama-sama.

“Jangan merasa terganggu dengan pertanyaan polos anak-anak, namun cobalah untuk menikmatinya,” kata psikolog sekaligus ahli dari M&B, Sally-Anne McCormack. Ia pun berujar bila orangtua mau melihat dunia dari sudut pandang anak-anak, ini akan memperbarui keinginan untuk bereksplorasi dan belajar banyak hal yang selama ini dianggap sepele. “Luangkan waktu Anda untuk melakukan ini bersama anak. Keingintahuan yang kecil dapat membantu kita untuk lebih menghargai semua hal di sekitar kita,” saran Sally-Anne seperti dikutip dari M&B AU. (Sagar/DT/Dok. M&B)