FAMILY & LIFESTYLE

6 Cara Aman dan Efektif untuk Mempercepat Datangnya Haid



Ada banyak alasan mengapa Anda mungkin ingin mempercepat datangnya haid. Salah satunya bisa jadi karena datangnya haid Anda agak sedikit terlambat bulan ini akibat terlalu stres atau lelah.

Namun, beberapa cara untuk mempercepat datangnya haid bisa saja membahayakan kehamilan dini. Oleh karena itu, sangat penting untuk memeriksa apakah Anda hamil atau tidak sebelum mencoba cara-cara agar cepat haid.

Berikut ini beberapa cara aman yang bisa Anda coba untuk mempercepat datangnya haid.

1. Berolahraga

Olahraga secara teratur bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mempercepat datangnya haid. Menurut penelitian dalam Journal of Physical Therapy Science, berolahraga dapat membantu melepaskan hormon yang bertanggung jawab atas siklus menstruasi, mengurangi stres, meningkatkan sirkulasi darah, dan merilekskan otot panggul Anda, yang semuanya bisa mempercepat datangnya haid.

Namun, tubuh bisa mengartikan terlalu banyak berolahraga sebagai stres, yang justru dapat menurunkan kadar estrogen dan menyebabkan tidak terjadinya menstruasi. Jadi, jika akhir-akhir ini Anda berolahraga dengan intens, pertimbangkan untuk melakukan olahraga ringan selama beberapa hari untuk memicu munculnya menstruasi.

2. Mengelola stres

Seperti yang diketahui, stres parah bisa mengganggu kadar estrogen dan progesteron—hormon yang mengatur siklus menstruasi Anda—sehingga menunda menstruasi atau bahkan menyebabkan siklus menstruasi yang tidak teratur.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Clinical and Diagnostic Research yang melakukan pengamatan terhadap wanita berusia 19-23 tahun, ditemukan bahwa 58% dari mereka yang memiliki tingkat stres tinggi melaporkan mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur.

Untuk itu, Anda disarankan untuk dapat mengelola stres agar bisa cepat haid dengan melakukan beberapa cara, seperti bermeditasi, menulis jurnal, meluangkan waktu untuk bersantai, melakukan hobi atau kegiatan yang menyenangkan, dan meningkatkan kualitas tidur.

3. Mengonsumsi suplemen atau makanan yang mengandung vitamin C

Beberapa orang percaya bahwa konsumsi vitamin C, juga disebut dengan asam askorbat, bisa membantu mempercepat datangnya haid. Vitamin C diperkirakan mampu meningkatkan kadar estrogen dan menurunkan kadar progesteron. Hal ini menyebabkan luruhnya lapisan dinding rahim—jika pembuahan tidak terjadi—sehingga bisa memicu datangnya haid.

Untuk mendapatkan manfaat vitamin C yang satu ini, Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin C atau mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, beri, blackcurrant, brokoli, bayam, dan tomat yang semuanya merupakan sumber vitamin C yang baik.

4. Makan pepaya atau nanas

Meskipun bukti ilmiahnya masih minim, ada banyak orang yang percaya bahwa buah-buahan tertentu, terutama pepaya dan nanas, merupakan pelancar haid alami yang baik.

Menurut JBRA Assisted Reproduction Journal, pepaya bisa memengaruhi kadar progesteron, sementara nanas dapat melunakkan serviks, yang mana keduanya mampu mempercepat datangnya haid.Namun, pastikan Anda tidak mengonsumsinya dalam jumlah banyak karena hal tersebut justru bisa menyebabkan sakit perut atau diare.

5. Berhubungan seks (orgasme)

Secara umum, belum ada bukti ilmiah yang melaporkan bahwa berhubungan seks atau orgasme bisa mempercepat menstruasi Anda. Namun, ini patut untuk dicoba. Anggapan ini muncul karena kombinasi hormon yang diproduksi selama aktivitas seksual dan kontraksi rahim selama orgasme bisa membantu melebarkan serviks dan membantu rahim mulai meluruhkan lapisannya, sehingga terjadilah menstruasi.

6. Mempertahankan berat badan ideal

Perubahan berat badan yang signifikan bisa memengaruhi siklus menstruasi Anda. Berat badan yang rendah dapat menyebabkan haid tidak teratur atau bahkan haid berhenti sama sekali. Hal yang sama juga berlaku pada berat badan yang berlebihan atau obesitas.

Hal tersebut dikarenakan kekurangan atau kelebihan lemak dapat memengaruhi produksi hormon yang berkaitan dengan menstruasi. Inilah yang bisa menyebabkan siklus menstruasi Anda jadi tidak teratur.

Oleh karena itu, mulailah untuk menjaga berat badan ideal Anda dengan rutin berolahraga, mengontrol porsi makan, dan menerapkan pola makan yang sehat.

Itulah 6 cara aman yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat datangnya haid. Jika haid Anda tidak kunjung datang, Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Freepik)