FAMILY & LIFESTYLE

Tak Perlu Bingung, Ini 5 Cara Mengatasi WC Mampet



WC (water closet) mampet merupakan salah satu masalah rumah tangga yang umum terjadi. Kondisi ini ditandai dengan adanya genangan air yang sulit turun, terutama setelah kita menyiram WC atau menekan tombol flush.

Ada banyak faktor penyebab WC mampet, di antaranya sumbatan benda asing (kapas, tisu, pembalut, rambut), saluran pembuangan utama yang mengalami kerusakan, hingga pipa ventilasi yang tersumbat.

Selain mengganggu kenyamanan, WC yang mampet atau tersumbat juga bisa menimbulkan bau tidak sedap. Kondisi ini jika dibiarkan terus-menerus tentunya bisa mengganggu kesehatan Anda dan anggota keluarga lainnya, ya.

Jika di rumah Anda terjadi masalah WC mampet, tak perlu buru-buru memanggil tukang sedot WC atau membongkarnya, karena hal ini masih bisa diatasi dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah. Berikut ini beberapa cara mengatasi WC mampet yang bisa Anda coba.

1. Menggunakan soda kue

WC mampet bisa diatasi dengan menggunakan campuran soda kue dan cuka. Campuran kedua bahan ini akan menghasilkan reaksi kimia yang bisa membersihkan kotoran dan melarutkannya, sehingga saluran WC pun jadi lancar. Untuk membuatnya, cukup campurkan 1 cangkir soda kue dan 2 cangkir cuka ke dalam lubang WC yang tersumbat. Diamkan selama kurang lebih satu jam, lalu siram toilet hingga bersih.

2. Menggunakan sabun cuci piring

Cara mengatasi WC mampet berikutnya adalah dengan menggunakan sabun cuci piring dan air panas. Tuangkan sabun cuci piring secukupnya ke dalam toilet, diamkan sekitar 30 menit dan siram menggunakan satu ember air panas. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan pada WC yang airnya belum meluap atau luber.

3. Menggunakan gantungan baju

Meski terdengar membingungkan, nyatanya hanger atau gantungan baju bisa digunakan untuk mengatasi WC mampet, lho. Anda bisa menggunakan bantuan gantungan baju terutama jika WC mampet disebabkan oleh penyumbatan benda asing, seperti tisu, rambut, kapas, atau pembalut. Caranya adalah dengan memotong kawat gantungan baju, kemudian bentuk menjadi huruf U. Setelah itu, arahkan gantungan baju ke dalam lubang WC, dorong dan putar agar sumbatan bisa bergerak dan air WC pun turun.

4. Menggunakan toilet bomb

Toilet bomb merupakan campuran bahan alami yang digunakan untuk menghilangkan bau, membersihkan, sekaligus mengatasi WC mampet. Toilet bomb bisa Anda buat sendiri di rumah dengan cara mencampurkan soda kue, sitrun (citric acid), dan air. Setelah campuran jadi, biarkan semalaman. Keesokan harinya, masukkan toilet bomb ke dalam WC yang mampet. Tunggu selama beberapa waktu sampai sumbatan menghilang dan siram dengan air.

5. Menggunakan pompa sedot WC

Pompa sedot WC adalah alat untuk menyedot saluran air yang tersumbat, terutama yang disebabkan oleh adanya kotoran yang menggumpal. Anda bisa membeli alat ini baik secara online maupun offline. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu memegang handle pompa dan posisikan bagian karetnya ke lubang toilet. Setelah itu, lakukan gerakan seperti menekan dan menarik secara berulang-ulang sampai WC tidak tersumbat lagi.

Itulah 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah WC mampet di rumah. Selamat mencoba! (M&B/Ayu/SW/Foto: Freepik)