BUMP TO BIRTH

7 Cara Mengatasi ASI Rembes yang Perlu Moms Ketahui



Moms, selama masa menyusui, sejumlah tantangan bisa saja muncul, salah satunya ASI rembes atau kebocoran ASI. Kondisi ini bisa terjadi kapan saja, dikarenakan produksi ASI yang melimpah selama fase menyusui.

ASI rembes merupakan hal yang wajar terjadi, terutama pada 1-2 minggu setelah persalinan. Proses keluarnya ASI tanpa disengaja ini merupakan bentuk respons tubuh untuk mencegah terjadinya pembengkakan yang berisiko menyebabkan infeksi mastitis.

Meski jadi satu hal yang patut disyukuri, ASI rembes bisa saja membuat Moms merasa tidak nyaman. Apalagi jika Anda tengah beraktivitas di luar rumah dan ASI merembes sampai ke baju. Jika Moms mengalaminya, Anda bisa coba 7 cara mengatasi ASI rembes berikut ini.

1. Pakai breast pad

Cara mengatasi ASI rembes yang pertama adalah memakai breast pad (bantalan payudara). Breast pad merupakan produk yang bisa membantu mencegah ASI bocor atau merembes ke baju. Di pasaran, breast pad dijual dengan berbagai merek, ukuran, dan harga. Ada yang sekali pakai, bahkan ada juga yang berbahan dasar kain, sehingga bisa dicuci dan dipakai kembali.

2. Gunakan breast shield

Selain memakaibreast pad, Moms bisa juga menggunakan breast shield. Ini merupakan alat yang bisa digunakan untuk mencegah ASI rembes, sekaligus menampung ASI yang bocor, sehingga tidak terbuang sia-sia. Breast shield bisa digunakan kapan saja, terutama saat Anda sedang beristirahat, berolahraga, atau melakukan aktivitas di luar rumah.

3. Rutin melakukan pumping

Moms, salah satu penyebab ASI rembes adalah produksi ASI yang melimpah. Untuk mengatasinya, cobalah rutin melakukan pumping guna mengosongkan payudara Anda, terutama saat hendak pergi atau beraktivitas di luar rumah. Moms bisa coba mulai rutin pumping setiap 3 atau 4 jam sekali, lalu simpan ASI dengan baik dan benar sebagai stok untuk Si Kecil.

4. Pakai bra yang tepat

Saat menyusui, Moms disarankan untuk memakai bra yang tepat. Hindari menggunakan bra berkawat atau terlalu ketat, agar payudara tidak mengalami tekanan berlebih yang kemudian justru bisa menyebabkan ASI rembes. Sebaliknya, pakai bra tanpa kawat dengan cup yang melebar dan memiliki kantong khusus guna menyelipkan breast pad atau bantalan payudara.

5. Lakukan direct breastfeeding

Cara berikutnya untuk mengatasi masalah ASI rembes, Moms bisa coba lakukan direct breastfeeding lebih sering. Ini merupakan teknik menyusui bayi secara langsung dari payudara. Menurut BabyCenter, cara yang satu ini bisa membantu mencegah ASI rembes atau bocor, terutama jika pelekatan terjadi dengan sempurna, selama proses menyusui berlangsung.

6. Tekan area puting payudara

Menekan area puting payudara juga menjadi cara yang dianjurkan untuk mencegah masalah ASI rembes. Cara yang satu ini bisa Anda lakukan, terutama saat payudara terasa sakit atau bengkak karena produksi ASI. Untuk melakukannya, Moms bisa coba silangkan kedua tangan di area puting payudara, kemudian tekan secara perlahan.

7. Kenakan pakaian yang bisa menyamarkan rembesan ASI

Guna menghindari rasa tidak nyaman saat kondisi ASI rembes, Moms bisa coba kenakan pakaian bermotif. Corak atau motif pada pakaian yang Anda kenakan akan menyamarkan atau menyembunyikan bekas rembesan ASI, sehingga nantinya noda ASI tidak begitu terlihat dan Anda bisa lebih percaya diri dalam melakukan aktivitas, Moms. (M&B/Ayu/SW/Foto: Freepik)