FAMILY & LIFESTYLE

7 Tips Menghilangkan Bruntusan di Jidat dengan Cara Alami dan Efektif



Bruntusan di jidat sering kali menjadi masalah kulit yang dianggap mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Bruntusan ditandai dengan munculnya bintik atau jerawat kecil berwarna putih yang terasa menonjol jika diraba. Meskipun tak berbahaya, munculnya beruntusan tentu bisa mengganggu penampilan ya, Moms.

Ada banyak faktor penyebab bruntusan, di antaranya produksi minyak berlebih, adanya kotoran yang menyumbat pori-pori kulit, perubahan hormon, keringat berlebih, stres, kelebihan berat badan, hingga adanya reaksi alergi akibat penggunaan produk tertentu.

Sebenarnya, saat ini sudah banyak produk perawatan kulit yang dijual di pasaran untuk mengatasi bruntusan. Namun, selain menggunakan krim atau obat-obatan untuk menghilangkan bruntusan, Moms bisa memakai bahan alami untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa tips menghilangkan bruntusan di jidat dengan cara alami yang bisa Anda coba di rumah.

1. Menjaga kebersihan kulit wajah

Cara menghilangkan bruntusan di jidat dengan cara alami yang pertama adalah dengan rutin menjaga kebersihan kulit wajah. Ini merupakan cara paling dasar yang bisa dilakukan, agar kulit wajah bersih dan terhindar dari bruntusan. Bersihkan wajah minimal 2 kali sehari, di pagi dan malam hari. Anda bisa menggunakan produk pembersih wajah dengan kandungan pH yang sesuai dengan pH kulit serta memiliki formula lembut agar skin barrier tidak rusak.

2. Mengonsumsi makanan sehat kaya nutrisi

Asupan nutrisi jadi faktor penting yang harus diperhatikan jika Anda ingin memiliki kulit wajah yang bersih dan sehat. Ketahuilah bahwa sejumlah makanan atau minuman bisa berpengaruh pada kondisi kesehatan kulit wajah kita. Mengonsumsi sayur dan buah bisa menyehatkan kulit, karena sayur dan buah kaya vitamin, sedangkan mengonsumsi susu dan produk turunannya bisa menyebabkan masalah kulit seperti bruntusan dan jerawat.

3. Menggunakan tomat sebagai masker

Tomat sudah sejak lama dikenal mengandung vitamin C dan asam sitrat yang bisa membersihkan sekaligus mencerahkan kulit. Tak hanya itu, melansir Healthline, tomat juga mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk mengatasi masalah kulit. Moms bisa membuat masker alami dari tomat. Caranya, cukup haluskan tomat, lalu campurkan dengan beberapa tetes tea tree oil. Gunakan masker tomat secara merata di wajah, diamkan 10-15 menit, lalu bilas hingga bersih.

4. Memakai gel lidah buaya

Moms juga bisa memakai gel lidah buaya untuk menghilangkan bruntusan. Lidah buaya dikenal dengan kandungan antibakteri dan vitamin E yang cukup efektif untuk menghilangkan bruntusan. Caranya pakainya cukup mudah, Moms hanya perlu mengambil daging lidah buaya, lalu oleskan secara merata di wajah. Biarkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas wajah dengan air bersih.

5. Menggunakan air lemon

Selain lidah buaya, lemon jadi bahan alami yang bisa kita gunakan untuk menghilangkan bruntusan di jidat. Lemon kaya asam sitrat yang bermanfaat untuk menghilangkan jerawat dan bruntusan serta menyamarkan bekasnya. Cara menggunakannya, ambil air perasan lemon secukupnya, lalu aplikasikan ke wajah dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air bersih dan keringkan.

6. Mengoleskan madu manuka

Madu juga bisa jadi pilihan untuk mengatasi bruntusan karena mengandung antibakteri. Madu yang bisa digunakan adalah jenis madu manuka yang memiliki antibakteri lebih tinggi daripada jenis madu lainnya. Mulailah dengan menyiapkan satu sendok teh madu, kemudian oleskan secara merata ke area jidat yang mengalami bruntusan. Setelah itu biarkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

7. Memakai oatmeal sebagai masker

Moms juga bisa pakai oatmeal untuk mengatasi bruntusan. Menurut Indian Journal of Dermatology, Venereology, and Leprology, oatmeal memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang efektif untuk mengatasi peradangan di kulit dan meredakan bruntusan. Anda bisa campurkan oatmeal dengan sedikit air hingga teksturnya lembut, setelah itu aplikasikan secara merata di wajah dan diamkan selama beberapa menit. Setelah oatmeal mengering, bilas wajah dengan air hangat.

Itulah 7 tips menghilangkan bruntusan di jidat dengan cara alami. Anda bisa mencobanya di rumah mulai sekarang, ya! (M&B/Ayu/SW/Foto: Freepik)