FAMILY & LIFESTYLE

Manfaat Minyak Zaitun untuk Bulu Mata dan Cara Menggunakannya



Bulu mata yang lentik, tebal, dan panjang merupakan impian hampir semua wanita. Ada berbagai macam cara yang bisa kita lakukan untuk memiliki bulu mata yang lentik, tebal, dan panjang, misalnya dengan menggunakan maskara atau bulu mata palsu. Meskipun begitu, tentu saja bulu mata yang tebal dan panjang secara alami akan lebih terlihat memukau ya, Moms.

Salah satu bahan alami yang bisa membantu membuat bulu mata Anda tebal dan panjang secara alami adalah minyak zaitun. Dilansir dari Healthline, minyak zaitun mengandung sejumlah asam lemak yang bisa membantu pertumbuhan rambut, termasuk bulu mata. Minyak zaitun juga cocok untuk jenis kulit apa saja dan Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk membuat bulu mata tumbuh lebih tebal dan panjang, Moms.

Manfaat minyak zaitun untuk bulu mata

Mengutip Alodokter, tidak hanya digunakan untuk pertumbuhan rambut kepala, minyak zaitun juga dipercaya bisa menebalkan dan menumbuhkan bulu mata. Manfaat minyak zaitun ini diperoleh berkat kandungan asam lemak, seperti asam oleat, asam linoleat, dan asam palmitat, yang memiliki sifat antiradang, antioksidan, dan antimikroba.

Asam lemak ini diketahui bisa membuat bulu mata jadi lebih halus, mendukung fungsi folikel yang sehat, dan memperkuat bulu mata sehingga bulu mata bisa lebih cepat tumbuh dan tidak mudah rontok. Meski demikian, penelitian lebih lanjut masih diperlukan terkait manfaat minyak zaitun dalam menebalkan bulu mata.

Kandungan yang ada dalam minyak zaitun

Seperti telah disebutkan, minyak zaitun mengandung beberapa asam lemak yang dapat membantu pertumbuhan rambut. Berikut kandungan asam lemak yang terdapat pada minyak zaitun, seperti dikutip dari Kompas.com.

Asam oleat, berfungsi untuk mengatur produksi sebum tubuh yang mencegah bakteri sekaligus menghidrasi kelopak mata dan membantu menghasilkan folikel serta bulu mata yang sehat.

Asam palmitat, berfungsi sebagai emolien yang akan membantu melembutkan kulit atau bulu mata.

Asam linoleat, berfungsi menjaga folikel rambut tetap kuat dan sehat yang berguna untuk mendorong pergantian sel kulit yang sehat dan mencegah folikel rambut tersumbat atau mati.

Cara mengaplikasikan minyak zaitun untuk menebalkan bulu mata

Waktu terbaik untuk melakukan perawatan bulu mata dengan minyak zaitun adalah sebelum tidur. Berikut ini langkah-langkah dalam penggunaan minyak zaitun untuk menebalkan bulu mata.

1. Pastikan bulu mata dalam keadaan bersih dan bebas dari riasan.

2. Celupkan kuas atau kapas secara perlahan dan sedikit-sedikit ke dalam wadah berisi minyak zaitun.

3.Oleskan minyak zaitun dengan hati-hati dari akar ke ujung bulu mata seperti memakai maskara.

4. Berhati-hatilah agar minyak tidak masuk ke mata untuk mencegah iritasi. Jika tidak sengaja masuk ke dalam mata, segera bilas dengan air.

5. Gunakan kapas untuk menghilangkan minyak berlebih dari bulu mata atau kulit.

6. Basuh minyak zaitun di pagi hari dengan air.

7. Lakukanlah perawatan ini setiap hari.

Yang penting untuk diingat, selain melakukan perawatan dari luar, asupan nutrisi dan vitamin untuk kesehatan tubuh juga tentu sajamemengaruhi pertumbuhan bulu mata Anda. (M&B/Gianti Puteri/SW/Foto: Freepik)