BABY

Kulit Bayi Baru Lahir 5 Kali Lebih Tipis Dibandingkan Kulit Dewasa, Butuh Perawatan Khusus



Menjadi seorang ibu baru adalah pengalaman yang tak terlupakan dalam hidup seorang wanita, tapi di saat yang bersamaan juga bisa membuat kewalahan, cemas, dan kurang percaya diri, khususnya terkait kulit bayi baru lahir yang 5 kali lebih tipis dibandingkan kulit dewasa sehingga rentan mengalami iritasi dan butuh perawatan khusus.

Perbedaan kulit bayi dan kulit dewasa ternyata lebih dari sekadar di permukaan. Di balik kulitnya yang halus, kulit bayi memiliki pigmen melanin yang lebih sedikit dibandingkan kulit dewasa dan kadar air pada kulit bayi baru lahir lebih cepat hilang.

“Struktur kulit bayi baru lahir sangat berbeda, yaitu 5 kali lebih tipis dibandingkan kulit dewasa. Ikatan antara lapisan epidermis dan dermis belum kuat, folikel rambut lebih sedikit, produksi melanin yang melindungi kulit dari sinar matahari pun masih sedikit, dan lapisan lemak di bawah belum banyak. Perbedaan ini menjadikan kulit bayi baru lahir masih lemah, tipis, dan mudah rapuh, sehingga lebih sensitif dan mudah terkena penyakit,” ujar dr. Attila Dewanti Poerboyo Sp.A (K), dokter spesialis anak di RS. Brawijaya Antasari Jakarta.

“Untuk itu, diperlukan perawatan kulit yang khusus disesuaikan untuk bayi baru lahir. Pastikan produknya harus sudah teruji dermatologi, bebas alkohol dan bau yang menyengat yang dapat merusak pH kulit, serta mengandung organic-active formula,” lanjut dr. Attila.

Cussons Baby mengerti bahwa kebutuhan bayi baru lahir berbeda. Karena itu, untuk membantu ibu baru memberikan perawatan terbaik bagi bayinya, Cussons Baby menghadirkan rangkaian produk Cussons Baby Newborn dengan formula baru yang diformulasikan khusus untuk bayi baru lahir yang teruji secara dermatologi, hipoalergenik, dan memiliki keseimbangan pH.

Formulasi terbaru dari Cussons Baby Newborn mengandung bahan organik alami seperti ceramide, shea butter, dan oat yang dapat melindungi kulit bayi baru lahir dari iritasi dan mengunci kelembapan hingga 24 jam dengan penggunaan teratur.

“Dengan pengalaman lebih dari 35 tahun dan inovasi yang terus mengikuti perkembangan zaman, Cussons Baby menghadirkan formula terkini yang bisa lebih melindungi serta memastikan perawatan yang lembut dan aman bagi kulit sensitif bayi baru lahir melalui rangkaian produk Cussons Baby Newborn,” jelas Rahma Anna Setyani, Head of Brand Deployment Cussons Baby.

“Kami berharap para ibu bisa lebih percaya diri dalam menyambut kelahiran buah hati dengan memberikan perlindungan terbaik dengan bijak memilih produk perawatan yang bukan hanya newborn friendly, tapi memang diformulasikan secara khusus untuk bayi baru lahir atas rekomendasi para ahli,” tambahnya.

Pentingnya pemilihan produk yang cocok dan aman untuk anak juga menjadi salah satu yang menjadi perhatian content creator, Natasha Surya. “Fase newborn adalah momen yang kritikal karena kita sebagai ibu juga terlahir kembali untuk mengenal kebutuhan mereka. Beruntung aku dipertemukan dengan rangkaian Cussons Baby Newborn yang membantu aku sebagai content creator untuk membagikan informasi mengenai produk tersebut kepada ibu-ibu baru di luar sana dan tentunya membantu aku untuk merawat kulit anakku sendiri,” ungkap Natasha. (M&B/SW/Foto: Studioredcup/Freepic, Dok. Cussons Baby)