FAMILY & LIFESTYLE

Film Bangsal Isolasi, Angkat Kisah tentang Penjara Perempuan



Kimberly Ryder dan Wulan Guritno beradu peran di film terbaru, Moms! Ya, mereka akan bermain dalam film bergenre misteri-thriller dengan judul Bangsal Isolasi. Disutradarai oleh Adhe Dharmastriya, film yang tayang sejak 25 Juli 2024 di bioskop ini menceritakan tentang misteri kematian janggal di sebuah lapas perempuan.

Penasaran, Moms? Sebelum menonton filmnya di bioskop, yuk, simak sinopsis dan fakta menarik Bangsal Isolasi berikut ini!

Sinopsis Bangsal Isolasi

Weni (Kimberly Ryder) adalah seorang jurnalis perempuan yang pemberani. Sayangnya, adiknya semata wayangnya dikabarkan meninggal saat menjalani hukuman di penjara khusus wanita. Berdasarkan hasil otopsi, ditemukan berbagai kejanggalan. Weni yakin bahwa adiknya wafat dengan cara yang tak lumrah, sehingga ia pun terdorong untuk mencari jawaban atas kejadian itu.

Weni kemudian nekat untuk menjebloskan dirinya sendiri ke lapas tempat adiknya dulu ditahan, yakni Lapas Ratu Adil. Berkat bantuan seorang sipir, Weni berhasil masuk ke Lapas Ratu Adil lewat jalur belakang. Weni pun langsung berinteraksi dengan banyak penghuni lapas untuk mendapatkan jawaban.

Namun, seiring dengan berjalannya penyelidikan, Weni menemukan adanya keanehan bahwa ada banyak kematian tak wajar yang juga dialami narapidana lain. Narapidana yang bermasalah akan dihukum dengan dimasukkan ke dalam bangsal isolasi. Sayangnya, narapidana yang menghabiskan waktu hukumannya di dalam bangsal isolasi tak jarang bernasib naas.

Fakta aneh lain yang berhasil Weni temukan adalah sosok narapidana bernama Bela (Wulan Guritno) yang tampak sangat berkuasa. Segala interaksi bersama Bela akan berujung kepada masa hukuman di dalam bangsal isolasi. Didorong oleh keanehan ini, Weni makin nekat dan ingin menginvestigasi bangsal isolasi.

Namun, makin dalam Weni menyelami bangsal isolasi, makin banyak pula teror dan kejadian aneh yang menimpanya. Lalu, apakah Weni berhasil menguak misteri bangsal isolasi di Lapas Ratu Adil? Apakah Weni berhasil mendapatkan jawaban atas kematian adiknya? Anda bisa tahu jawabannya dengan menonton Bangsal Isolasi di bioskop kesayangan Anda, Moms!

Fakta menarik Bangsal Isolasi

Film Bangsal Isolasi tak hanya punya alur cerita yang menarik dan kualitas peran dari aktor dan aktris papan atas, tapi ada pula beberapa fakta menarik di balik film ini. Mau tahu? Yuk, simak daftarnya berikut ini!

1. Syuting di dalam benteng kuno

Untuk mendapatkan latar lokasi yang sempurna, Bangsal Isolasi memilih Benteng Van der Wijck yang berlokasi di Kebumen, Jawa Tengah. Benteng ini dikenal dengan warna temboknya yang merah serta arsitektur khas era Hindia Belanda. Benteng ini dibangun pada 1833, setelah Perang Diponegoro usai. Benteng ini awalnya digunakan sebagai kantor bagi Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC), yang kemudian dialihfungsikan menjadi benteng pengintaian semasa perang. Hampir seluruh proses syuting dilakukan di benteng ini. “Dari beberapa hari proses syuting, hanya satu hari kami keluar dan syuting di luar benteng,” tutur Kimberly.

2. Ide segar tentang penjara wanita

Dalam wawancara eksklusif bersama Mother & Beyond, Kimberly mengungkapkan bahwa fim Bangsal Isolasi hadir dengan ide yang sangat segar. “Di Indonesia, belum ada film yang mengangkat kisah di penjara perempuan,” kata Kimberly. Ceritanya pun unik, karena menyoroti kriminalitas di dalam penjara perempuan. Hal ini ternyata juga diinspirasi dari beberapa kasus kematian misterius yang terjadi di lapas perempuan. Oleh sebab itu, film ini juga menyuarakan pesan sosial tentang sistem peradilan di lapas perempuan.

3. Girl power

“Pokoknya film ini girl power banget! Mulai dari adegan berantemnya sampai inti ceritanya,” tutur Kimberly kepada Mother & Beyond. Selain itu, proporsi gender di film ini juga didominasi oleh perempuan. Ya, film ini hampir 90% dimainkan pemeran perempuan. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Dok. RRI)