FAMILY & LIFESTYLE

5 Manfaat Daun Balakacida untuk Kesehatan Tubuh



Moms, Anda pernah mendengar tentang daun balakacida? Balakacida merupakan tanaman dari famili Asteraceae atau Compositae, yang memiliki bentuk oval, dengan pinggiran daun bergerigi. Jika disentuh dengan tangan, permukaan daun balakacida terasa kasar dan sedikit berbulu.

Tanaman yang juga dikenal dengan nama rumput minjangan ini cukup banyak ditemukan di Indonesia lho, Moms. Ini karena balakacida bisa tumbuh di berbagai jenis lahan, mulai dari lahan kering, pegunungan, hingga lahan basah.

Bagian daun balakacida dikenal mengandung senyawa penting untuk kesehatan tubuh, seperti tanin, fenol, flavonoid, saponin, dan steroid. Karena itu, daun ini sering dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Agar tidak penasaran, ketahui beberapa manfaat daun balakacida yang telah dirangkum M&B berikut ini, Moms.

1. Mengontrol kadar gula darah

Daun Balakacida dikenal punya kandungan flavonoid, saponin, dan tanin di dalamnya. Semua senyawa tersebut memiliki peran penting sebagai antioksidan yang bisa melindungi sel pankreas dari bahaya radikal bebas.

Jika pankreas dalam kondisi sehat, tentu produksi hormon insulin dalam tubuh juga akan terjaga. Ini tentunya bermanfaat, terutama bagi penderita diabetes, untuk mengontrol kadar gula darah.

2. Menjaga kesehatan organ jantung

Manfaat daun balakacida yang berikutnya adalah membantu menjaga kesehatan organ jantung. Ini berkat kandungan saponin di dalamnya yang mampu menurunkan kadar kolesterol. Seperti diketahui, kadar kolesterol tinggi bisa menyumbat aliran darah. Ini merupakan salah satu faktor yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Selain itu, penelitian yang dilakukan pada hewan juga menyebutkan bahwa saponin bermanfaat untuk memperkuat otot jantung dan menurunkan risiko penyakit gagal jantung.

3. Mencegah terjadinya diare

Diare adalah kondisi di mana penderitanya mengalami buang air besar (BAB) lebih dari tiga kali dalam sehari dengan tekstur feses yang cair. Ini merupakan gangguan sistem pencernaan yang disebabkan oleh bakteri terutama E. coli.

Nah, daun balakacida ini bisa menjadi salah satu tanaman yang digunakan untuk mengatasi masalah diare, Moms. Ini berkat kandungan flavonoid dan tanin di dalamnya yang bisa membantu melawan bakteri penyebab diare seperti E. coli.

4. Membantu penyembuhan luka

Perlu Moms ketahui bahwa luka terbuka yang terjadi di tubuh sangat rentan terinfeksi oleh parasit berbahaya, seperti E. coli, Candida albicans, dan Staphylococcus aureus. Jika ini terjadi, maka proses penyembuhan akan lebih lama dan perdarahan mungkin saja terjadi.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan daun balakacida. Tanin dan antioksidan dalam balakacida tak hanya mampu mencegah diare, tapi juga bisa mempercepat proses penyembuhan luka.

5. Mengurangi nyeri di tubuh

Nyeri merupakan rasa tidak nyaman di tubuh yang sifatnya bisa ringan maupun berat. Biasanya, saat nyeri timbul, tubuh Moms akan terasa tegang bahkan bisa sampai mengganggu aktivitas Anda. Nah, untuk mengatasi gangguan nyeri tersebut, Moms bisa gunakan daun balakacida.

Menurut studi terbitan Journal of Pharmaceutical Sciences and Medicine, tanaman jenis gulma ini dikenal kaya flavonoid dan saponin yang memiliki efek antiinflamasi untuk meredakan sensasi nyeri yang diderita tubuh.

Meskipun daun balakacida punya banyak manfaat, tentu akan lebih bijak jika Moms berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya, ya. Pasalnya, hingga saat ini, belum ada penelitian lebih lanjut mengenai manfaat serta efek samping dari penggunaan daun balakacida untuk tubuh. (M&B/Ayu/SW/Foto: Dok. Tokopedia)