FAMILY & LIFESTYLE

10 Jenis Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung



Banyaknya akitivitas yang dilakukan bisa menjadi pemicu meningkatnya gangguan asam lambung di dalam perut. Kondisi ini bisa dialami berbagai usia, dari anak-anak sampai orang dewasa, akibat lupa makan atau merasa stres. Gejala yang timbul dari asam lambung di antaranya adalah nyeri ulu hati (heartburn), sensasi panas atau perih di dada hingga kerongkongan, termasuk rasa pahit dan asam yang muncul di pangkal tenggorokan.

Jika masalah asam lambung jadi lebih parah, penderitanya akan mengalami kesulitan untuk menelan makanan, hingga meningkatkan risiko GERD (gastroesophageal reflux disease). Kondisi ini nantinya akan menimbulkan rasa sakit di beberapa organ tubuh, seperti kerongkongan, tenggorokan, hingga menghambat saluran pernapasan yang membuat Anda jadi sesak.

Agar masalah asam lambung ini tidak membuat kondisi tubuh makin menurun, Anda tetap perlu mengonsumsi makanan sehat, termasuk buah-buahan. Sayangnya, tidak semua buah bisa dikonsumsi penderita asam lambung. Meski begitu, ada beberapa buah yang aman untuk dikonsumsi dan tidak memicu timbulnya asam lambung. Apa saja? Ini penjelasannya, Moms.

1. Pisang

Pisang menjadi salah satu jenis buah non-sitrus yang bisa meringankan asam lambung. Sifat alkali yang terkandung di dalam pisang mampu menetralisir asam lambung. Penelitian menyebutkan bahwa pisang bisa membantu membentuk lapisan pelindung di esofagus atau kerongkongan, sehingga dapat mencegah GERD.

2. Apel

Apel merupakan buah yang kaya nutrisi dan mampu meredakan asam lambung. Kandungan yang ada pada apel antara lain vitamin, kalsium, zat besi, dan magnesium. Mengonsumsi apel (khususnya dengan rasa manis) tak hanya menurunkan kadar asam lambung, tapi membuat lambung jadi rileks.

3. Pepaya

Mengonsumsi pepaya bisa menjadi solusi yang baik untuk meredakan asam lambung. Pepaya mengandung enzim papain yang mampu melancarkan pencernaan dan mengurangi sensasi heartburn. Selain itu, enzim ini mempermudah penguraian protein, sehingga protein lebih mudah dipecah menjadi asam amino yang mampu menghasilkan antibodi untuk membentuk daya tahan tubuh.

4. Semangka

Buah lain yang cocok dikonsumsi penderita asam lambung adalah semangka, yang memang dikenal tinggi kandungan airnya. Hal ini membuat semangka mampu memenuhi kebutuhan cairan tubuh, sekaligus menetralkan asam lambung dan mencegah refluks. Sifat alkali yang ada pada semangka juga rendah asam, sehingga tidak akan memicu atau memperburuk produksi asam lambung secara belebih.

5. Melon

Jenis buah yang memiliki rasa cenderung manis lainnya adalah melon yang punya pH basa rendah dan dapat menetralkan asam lambung, sehingga aman untuk Anda konsumsi. Melon juga mengandung air yang cukup tinggi, sehingga bisa mengencerkan asam lambung hingga meredakan gejalanya.

6. Kelapa

Air yang ada di dalam kelapa juga baik untuk dikonsumsi penderita asam lambung. Alasannya, air kelapa tanpa tambahan gula mengandung elektrolit yang tinggi, sehingga bisa menetralisir asam di lambung dan meredakan gejala sakit maag. Mineral kalium di dalam kelapa juga membantu kelancaran sistem pencernaan, sehingga baik dikonsumsi penderita GERD. Moms bisa minum air kelapa segar dan memakan daging buahnya yang bisa menjaga suhu tubuh tetap normal serta menghambat peradangan pada lambung.

7. Alpukat

Alpukat juga menjadi buah yang baik untuk dikonsumsi penderita asam lambung, karena kandungan asamnya tergolong rendah. Kandungan lemak sehat dan mineral seperti kalium, serta sifat alkali yang ada pada alpukat juga bisa membantu melindungi lapisan dinding lambung. Buah ini juga memiliki tekstur lunak, sehingga mudah dicerna.

8. Pir

Buah lain yang tergolong rendah kandungan asam adalah pir, yang dapat menetralkan asam lambung serta meredakan gejalanya saat kambuh. Kandungan air yang tinggi di dalam pir juga membantu mencukupi cairan yang dibutuhkan, sehingga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Pir juga mengandung antioksidan, terutama flavonoid, yang bisa mencegah dan mengatasi peradangan di dinding lambung akibat kambuhnya asam lambung.

9. Mentimun

Mentimun termasuk buah yang aman untuk dikonsumsi penderita asam lambung. Buah ini dikenal rendah kadar asam, tinggi air, dan termasuk sebagai jenis makanan yang tidak menghasilkan gas. Karenanya, mentimun bisa dimakan langsung atau dijadikan sebagai jus untuk meredakan gejala GERD. Jika dikonsumsi secara rutin, mentimun juga dapat mengontrol produksi asam lambung dan mencegah terjadinya gangguan pencernaan.

10. Lemon

Meski terkenal dengan rasanya yang asam, lemon justru baik untuk dikonsumsi penderita asam lambung. Dalam jumlah yang tepat, lemon yang dicampur dengan air mineral dan madu mampu menetralisir asam lambung. Meski begitu, belum ada penelitian yang bisa memastikan manfaat dari lemon untuk dikonsumsi Anda yang mengalami asam lambung. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Vwalekte/Freepik)