FAMILY & LIFESTYLE

5 Obat Ambeien Alami dan Tradisional yang Bisa Anda Coba di Rumah



Ambeien atau wasir merupakan kondisi berupa pembesaran atau pembengkakan yang terjadi di dubur atau rektum. Gangguan ini biasanya menjadi masalah kesehatan yang bisa memicu gatal, nyeri, bahkan pendarahan.

Meskipun tersedia berbagai pilihan obat modern, faktanya tidak sedikit orang yang mencari solusi alami dan tradisional untuk meredakan gejala ambeien. Obat ambeien alami dan tradisional kerap dipilih karena dianggap minim efek samping dan mudah didapat.

Jika Anda mengalami gangguan serupa, berikut ini obat ambeien alami dan tradisional yang bisa Anda coba buat di rumah.

1. Berendam dengan air hangat

Selain pembengkakan, ambeien juga bisa memicu gejala berupa peradangan serta benjolan keras di dekat anus. Dalam beberapa kasus, hal ini bisa memicu rasa tidak nyaman, terutama saat buang air besar (BAB).

Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengobati ambeien adalah dengan berendam menggunakan air hangat. Moms bisa lakukan cara ini setidaknya selama 15 menit sebanyak 2-3 kali sehari.

2. Mengoleskan gel lidah buaya

Cara alami dan tradisional untuk mengobati ambeien berikutnya adalah menggunakan lidah buaya. Lidah buaya dikenal memiliki zat antiradang yang bisa meredakan peradangan pada kasus ambeien. Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya ke area kulit yang mengalami peradangan. Lakukan secara rutin, agar hasilnya maksimal.

Baca juga: Kenali Gejala dan Cara Penanganan Ambeien pada Balita

3. Mengoleskan tea tree oil

Minyak pohon teh atau tea tree oil juga bisa menjadi pilihan obat alami untuk mengatasi ambeien. Minyak yang satu ini mengandung antiseptik alami yang bisa membantu meredakan gejala ambeien seperti nyeri dan gatal. Selain itu, tea tree oil mengandung antibakteri yang mampu meredakan infeksi pada kulit rektum.

Anda bisa menggunakan tea tree oil sebagai perawatan alami secara rutin. Caranya cukup dengan mengoleskan secukupnya tea tree oil ke ambeien.

4. Kompres dengan es batu

Ambeien juga bisa diatasi dengan kompres es batu. Suhu dingin dari es batu akan meredakan pembuluh darah yang mengalami pembengkakan, sehingga nantinya rasa tidak nyaman di tubuh bisa mereda.

Untuk melakukannya, Anda hanya perlu es batu dan kain lembut. Kemudian bungkus es batu dengan kain, lalu tempelkan di area ambeien. Namun, hindari menempelkan es batu secara langsung ke kulit karena bisa memicu iritasi.

5. Menggunakan campuran garam epsom dan gliserin

Terakhir, Anda bisa mengobati ambeien menggunakan campuran garam epsom dan gliserin. Campuran kedua bahan tersebut bisa membantu mengurangi peradangan di area ambeien.Berikut ini caranya.

1. Campurkan 2 sendok garam epsom dan dua sendok makan gliserin.

2. Setelah tercampur rata, oleskan campuran tersebut ke ambeien yang meradang. Gunakan kain kasa untuk menghindari risiko iritasi dan kontaminasi bakteri.

3. Setelah dioleskan, biarkan selama sekitar 15 menit.

4. Ulangi cara tersebut setiap 4 jam atau sesuai kebutuhan.

Itulah obat ambeien alami dan tradisional yang bisa dicoba di rumah. Selain menggunakan cara di atas, Anda harus menjaga kesehatan tubuh, mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi, serta memastikan tubuh mendapat istirahat yang cukup. Selamat mencoba! (M&B/Ayu/SW/Foto: Freepik)