FAMILY & LIFESTYLE

Manfaat Minyak Zaitun untuk Stretch Mark dan Cara Menggunakannya yang Tepat



Stretch mark merupakan kondisi berupa garis halus atau guratan yang muncul di beberapa bagian tubuh seperti perut, payudara, dan paha. Masalah kulit yang satu ini kerap dialami wanita karena berbagai faktor, seperti kehamilan. Jika Moms mengalaminya, tak perlu khawatir, karena stretch mark bisa diatasi menggunakan bahan alami, salah satunya minyak zaitun.

Mengutip Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), dalam satu sendok atau setara dengan 13,5 gram minyak zaitun terkandung 119 kalori, 13,5 gram lemak, 1,9 miligram vitamin E, dan 8,13 mikrogram vitamin K.

Dengan kandungan tersebut, terutama vitamin E dan K, tidak heran jika minyak zaitun banyak digunakan sebagai terapi pengobatan untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Berikut ini manfaat dan cara menggunakan minyak zaitun untuk menghilangkan stretch mark.

Manfaat minyak zaitun untuk menghilangkan stretch mark

Stretch mark yang muncul di kulit biasanya memiliki ukuran yang bervariasi, mulai dari kecil hingga besar. Begitu juga dengan warnanya, ada yang berwarna merah, merah muda, keunguan, putih, atau kelabu.

Ada banyak faktor yang memicu munculnya stretch mark, seperti penurunan elastisitas kulit, masa pubertas, kehamilan, efek samping obat, riwayat operasi di payudara, hingga kenaikan atau penurunan berat badan.

Stretch mark bisa diatasi dengan penggunaan minyak zaitun. Minyak alami yang satu ini dikenal kaya antioksidan dan vitamin E yang mampu mencegah penuaan dini dan meregenerasi sel kulit. Menggunakan minyak zaitun secara rutin diyakini bisa membantu memudarkan stretch mark yang ada di tubuh.

Baca juga: 5 Bahan Alami yang Ampuh untuk Redakan Penyakit Kulit

Cara menggunakan minyak zaitun untuk stretch mark

Jika Moms memiliki stretch mark di tubuh, tak ada salahnya untuk mencoba perawatan dengan minyak zaitun. Berikut ini caranya, Moms.

1. Pilihlah produk minyak zaitun murni untuk kulit.

2. Teteskan secukupnya minyak zaitun ke telapak tangan.

3. Oleskan minyak zaitun ke area kulit yang mengalami stretch mark.

4. Pijat secara lembut bagian tubuh yang diiolesi minyak zaitun, agar minyak zaitun terserap ke dalam kulit dan kulit menjadi lembap. Diamkan selama 20-30 menit atau semalaman.

5. Bilas minyak zaitun dengan air hangat.

6. Oleskan minyak zaitun secara rutin, sebanyak 2 kali sehari sehabis mandi.

Berapa lama stretch mark bisa hilang dengan minyak zaitun?

Perlu Moms ketahui bahwa penggunaan minyak zaitun untuk menghilangkan stretch mark tidaklah instan. Ini karena stretch mark terjadi akibat kerusakan tekstur kulit yang pemulihannya tentu membutuhkan waktu.

Selain itu, kondisi tubuh setiap orang berbeda-beda, ada yang cocok dengan kandungan minyak zaitun dan ada yang tidak. Begitu juga dengan lama pemulihannya, ada yang cepat dan ada yang lambat.

Untuk mendukung proses pemulihan stretch mark, pastikan Anda juga menerapkan gaya hidup sehat, seperti:

  • Mengonsumsi makanan sehat kaya nutrisi
  • Melakukan olahraga rutin minimal 30 menit setiap hari
  • Menjaga berat badan tetap ideal
  • Minum air putih yang cukup serta menghindari konsumsi minuman manis
  • Memastikan tubuh mendapat istirahat dan tidur yang cukup setiap harinya.

itulah manfaat minyak zaitun untuk menghilangkan stretch mark dan cara menggunakannya yang benar. Mengetahui penggunaan minyak zaitun yang benar untuk mengatasi stretch mark dan melakukannya secara rutin akan bisa membantu Anda memudarkan dan menghilangkan stretch mark yang ada di tubuh. (M&B/Ayu/SW/Foto: Freepik)