FAMILY & LIFESTYLE

Art Jakarta 2024, Perayaan Seni Rupa Penuh Kreativitas yang Kolaboratif



Pekan pameran seni terbesar di Indonesia, Art Jakarta 2024, sukses dilangsungkan dengan memukau para pecinta seni. Moms dan Dads yang datang bersama Si Kecil pun dimanjakan oleh berbagai hasil karya seni rupa, baik dari lukisan, patung, dan instalasi indah lainnya. Pameran yang berlangsung dari 4-6 Oktober 2024 ini juga dibuat di dalam ruang yang lebih luas daripada tahun-tahun sebelumnya.

Art Jakarta 2024 masih digelar di JIEXPO Kemayoran, tapi kini tergabung dalam 3 ruang yang berbeda, yaitu Hall C1, C3, dan B3. Dengan area yang lebih besar, Art Jakarta menghadirkan 73 galeri dengan karya seni dari para seniman lokal maupun internasional. Tak heran jika pameran ini menjadi ajang kolaboratif pada ekosistem seni secara global.

Sarana anak tingkatkan kreativitas melalui pameran seni rupa

Kehadiran Art Jakarta sendiri menjadi tempat bagi para pecinta karya seni rupa dari berbagai belahan dunia untuk saling berinteraksi. Direktur Jenderal Kebudayaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Hilmar Farid, pun mengapresiasi pameran berskala internasional ini. “Sebagai pameran seni terbesar di Jakarta, Art Jakarta menjadi jembatan yang menghubungkan seniman, galeri, kolektor, dan profesional dari seluruh dunia, membuka peluang bagi karya-karya Indonesia untuk bersaing dan berkembang di panggung internasional,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Moms dan Dads yang hadir juga menjadikan pameran ini sebagai sarana untuk anak berkenalan dengan kreativitas. Terdapat beberapa instalasi yang hadir untuk memuaskan rasa penasaran anak untuk membuat suatu karya secara langsung. Instalasi ini di antaranya Play by UOB Indonesia dengan tajuk "We Are All Beautiful", sebagai ruang interaktif dan dinamis untuk anak membuat karya dari imajinasinya dalam membentuk karakter wajah dari tempelan-tempelan kertas.

Bibit dan Stockbit juga menghadirkan instalasi bertajuk “Knit by Knit”, karya kolaboratif yang menjelajahi tema pengelolaan finansial melalui lensa kreatif. Karya dari seniman Cinanti Astria Johansyah dan kolektif inovatif Rajut Kejut ini mengajak Moms dan Si Kecil untuk melanjutkan rajutan berbentuk hewan yang unik.

Kemudian ada instalasi dari seniman Erwin Windu Pranata dalam karya asemblase “Ketok Mejik”. Di sini anak diajak untuk membuat suatu karya sendiri dan bisa dipajang di dinding, berdampingan dengan Mini J01 dari Next Gen MINI.

Nyaman dan puas menikmati karya seni di lokasi yang luas

Seperti disebutkan, Art Jakarta kali ini hadir di 3 hall besar di JIEXPO Kemayoran. Hal ini memungkinkan pengunjung untuk bisa merasakan hidangan di area F&B yang lebih nyaman, penampilan yang lebih ciamik dalam program publik—termasuk live music—dan lebih banyak partisipan dalam Art Jakarta Scene.

Moms dan Dads bersama Si Kecil tentu saja puas berkeliling area Art Jakarta 2024. Bahkan beberapa public figure pun hadir bersama anak-anak mereka, di antaranya Daniel Mananta, Marsha Timothy dan Vino G Bastian, hingga Ganjar Pranowo yang mengapresiasi pameran seni rupa yang sudah hadir selama 14 tahun ini. Sampai jumpa di Art Jakarta 2025, Moms dan Dads! (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Dok. Art Jakarta)