TODDLER

Balita Autis Terinspirasi Oleh Kucing Peliharaannya



Mendapatkan hewan peliharaan kucing membuat Iris Grace Halmshaw, 5, menjadi lebih ceria serta terinspirasi membuat sebuah lukisan. Ia yang mengidap autisme memang mengalami kesulitan bicara dan sering panik saat bersosialisasi dengan orang-orang di sekitar. Siapa sangka, lukisan balita cantik itu terjual dengan harga tinggi, yaitu 1.500 Pound Sterling atau sekitar 29 juta.

Sebelumnya Iris memang terisolasi dengan dunianya sendiri, namun setelah kehadiran Sang Kucing yang diberi nama Thula, ia langsung berteman baik dengan kucing tersebut. Bahkan, orangtua Iris mengatakan mereka tidak terpisahkan sepanjang hari hingga waktu tidur.

Ibu dan ayah Iris, Carter-Johnson dan Peter-Jon Halmshaw, menyadari lukisan-lukisan Iris terinsipirasi dari mata atau hidung Thula. Mereka percaya lukisan-lukisan itu adalah bentuk ekspresi cinta Iris untuk Thula. “Saat Iris melukis, ia meminta Thula duduk di dekatnya. Thula sangat penurut dan terus memandangi Iris yang sibuk. Sesekali ia bermain dengan kuas yang dipakai Iris,” ujar Carter-Johnson.

Dilansir melalui Dailymail, adanya Thula di sekitar Iris membuatnya menjadi lebih sering bicara kepada orangtuanya. Dalam waktu singkat, kucing itu mampu menghilangkan stres Iris. Carter-Johnson berujar, “Saya sangat berterima kasih pada Thula. Ia telah membuka jalur komunikasi dan emosi Iris. Iris terlihat sangat bahagia sekarang.” (Sagar/DT/Dok. Dailymail UK)