BUMP TO BIRTH

Tidur dalam Gelap Tingkatkan Kesuburan?



Tidur malam dengan mematikan lampu tidur memang membawa banyak manfaat. Selain dapat membuat tidur lebih nyenyak, tidur malam dengan mematikan lampu juga disebut dapat meningkatkan kesuburan.

Sebuah studi yang dipimpin oleh ahli biologi dari University of Texas, Profesor Reiter meneliti tentang peran tingkat melatonin dan ritme sirkadian dalam kesuksesan reproduksi wanita. Profesor Reiter menemukan bahwa tidur malam yang berkualitas dan dalam kegelapan sangat penting bagi kesehatan reproduksi wanita dan untuk melindungi janin yang sedang berkembang.

"Jika seorang wanita sedang mencoba program kehamilan, pertahankan setidaknya tidur malam selama delapan jam dalam gelap," sarannya, seperti dikutip dari sumber M&B UK.

Menurutnya, tidur dalam gelap di malam hari dapat memengaruhi tingkat melatonin dalam tubuh seorang wanita. Melatonin adalah hormon penting bagi wanita yang mencoba untuk hamil, karena bertugas melindungi sel telur dari stres oksidatif.

Profesor Reiter menambahkan, "Ternyata menyalakan lampu di malam hari dapat menurunkan produksi melatonin. Jadi, mematikan pencahayaan ruangan Anda bisa menjadi cara sederhana untuk mempertahankan kesuburan." Profesor Reiter juga merekomendasikan menjaga pencahayaan kamar tidur Anda agar tidak terlalu terang untuk wanita yang sedang ingin memiliki anak. (Aulia/DT/dok.M&B)