FAMILY & LIFESTYLE

Tips Tidur Nyenyak di Pesawat



Saat bepergian ke luar kota atau luar negeri yang harus menghabiskan waktu berjam-jam di pesawat, untuk bisa tidur rasanya cukup sulit. Meski begitu, Anda tetap harus mencoba tidur nyenyak agar Anda sehat dan fit saat tiba di tempat tujuan. Dilansir melalui sumber Huffingtonpost, kunci utama yang perlu Anda lakukan adalah mencoba untuk tidur saat berada di landasan pacu. Selain itu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

Tentukan Rencana Perjalanan Dengan Bijak
Apabila Anda harus bermalam di pesawat, mau tidak mau Anda perlu menentukan rencana perjalanan dengan tepat. Anda dapat memilih penerbangan yang tidak terlalu banyak transit di bandara atau pesawat yang ruang kakinya lebih luas agar Anda tidak mengalami kram. Selain itu, jika Anda bepergian dalam rangka urusan pekerjaan, carilah maskapai penerbangan yang jarang mengalami delayed supaya rencana Anda tidak berantakan.

Selanjutnya, pertimbangkan lokasi dan jenis tempat duduk yang Anda pilih. Pergilah ke toilet sebelum lepas landas dan pilih tempat duduk di dekat jendela. Ini akan memberikan ruang tambahan untuk Anda menyandarkan kepala serta menghindari orang-orang melewati Anda saat sedang terlelap.

Siapkan Tubuh Anda
Sebelum perjalanan jauh, kebanyakan orang menyiapkan obat tidur agar mudah terlelap selama perjalanan. Kendati demikian, Anda tidak boleh asal mengonsumsi obat tidur dan perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Hindari minuman beralkohol sebab dapat mengakibatkan Anda mengalami dehidrasi dan gelisah saat tidur dan minum air putih yang banyak ketika siang hari supaya Anda tidak terlalu haus atau lapar ataupun sering ke toilet saat malam harinya. Jangan lupa untuk membawa earplug dan penutup mata untuk menghindari suara dan cahaya yang mengganggu. Pakaian yang nyaman juga sangat membantu Anda tidur lebih nyaman dan nyenyak.

Pulihkan Tubuh Anda
Jika Anda tiba di tempat tujuan pada pagi hari, tubuh Anda pasti akan sangat kelelahan. Jadi, saat tiba di hotel, segera rendam kepala Anda sebentar di wastafel. Refleks tubuh akan langsung menurunkan detak jantung Anda saat melakukannya sehingga membuat Anda lebih tenang. Minum secangkir teh atau kopi dan makan makanan yang mengandung protein maupun serat akan membuat tubuh Anda kembali bugar. (Sagar/DT/Dok. Huffingtonpost)