FAMILY & LIFESTYLE

Cathy Sharon, Tidur Cukup itu Penting



Bagi Cathy Sharon, selebriti yang juga ibu dari Jacob Gabriel Kusuma, tidur cukup bagi anak sangatlah penting. Tidur mempunyai peranan yang penting untuk aktivitas otak, dan kesehatan mental bayi. Dan dengan waktu tidur yang cukup, anak akan bangun dalam kondisi segar dan semangat dalam melakukan aktivitasnya.

Begitu pula yang terjadi pada Jacob yang kini berusia 18 bulan. “Bila waktu tidur siang atau tidur malamnya cukup, saat bangun dari tidur ia jadi lebih segar, bersemangat, dan bisa melakukan hal-hal yang tadinya tidak bisa ia lakukan,” ujarnya. Sedangkan bila anak memiliki waktu tidur yang kurang, ia akan jadi rewel dan mudah menangis. Anak juga cenderung tidak mau beraktivitas dan hanya mau digendong saja.

Jadwal tidur siang anak usia 1 - 18 bulan adalah 15 – 18 jam per hari. Dan jadwal tidur siang Jacob adalah sebanyak 2 kali dalam sehari. Namun bila pada tidur siang yang pertama ia sudah tidur cukup lama, Cathy berusaha sebisa mungkin agar Jacob tidak tidur siang lagi. “Saya akan berusaha agar Jacob terus beraktivitas, saya akan mengajaknya bermain terus agar ia tidak tidur siang lagi. Karena bila ia tidur siang lagi, bisa-bisa kebablasan sampai malam dan akhirnya malam-malam terbangun dan jadi begadang,” urai Cathy. “Jadi pas jam 7 malam ia akan mulai mengantuk setelah lelah bermain, kemudian langsung tidur hingga pagi,” ceritanya saat ditemui di acara Peluncuran Soothe & Glow Seahorse Fisher Price.

Salah satu trik lain yang juga dilakukan Cathy agar Jacob bisa tidur tepat waktu adalah dengan tidak memberikan asupan gula menjelang waktu tidurnya. “Biasanya kalau sudah memasuki jam 6 sore, saya tidak akan memberikannya asupan gula. Karena gula bisa membuat ia jadi lebih aktif, nanti ia malah begadang,” ujarnya lagi. Sebagai pengantar tidur, Cathy juga selalu membacakan buku cerita atau menyanyikan lagu bagi Jacob. (Tammy/DT/Dok. M&B)