FAMILY & LIFESTYLE

Cara Menjadi Ayah yang Lebih Baik



Menurut penelitian di Australia, figur ayah berperan penting dalam perkembangan mental dan stabilitas emosi anak. Ayah lah yang berperan untuk mendidik anak sejak dini tentang dedikasi, keberanian, pengorbanan, dan bergembira. Mungkin Anda merasa bukan ayah yang sempurna, tapi bukan berarti Anda tidak bisa menjadi ayah yang lebih baik bagi Si Kecil. Ini caranya.

1. Tunjukkan cinta Anda. Sering menyatakan “Ayah sayang kamu,” memang baik tapi anak membutuhkan lebih dari sekedar kata-kata. Sambil mengucapkan kalimat manis itu jangan lupa untuk memeluk, mencium, dan mengajak mereka bermain.
2. Ingat masa kecil Anda, seberapa ingin Anda diperhatikan oleh ayah Anda. Jadi berikan perhatian yang tidak terbagi dengan untuk anak-anak Anda, jangan bagi perhatian Anda dengan game, social media, atau hobi Anda.
3. Jangan pernah menyakiti anak dan istri dengan kekerasan fisik dan verbal. Tidak ada alasan yang bisa membenarkan tindakan kekerasan pada anak dan istri. Kekerasan yang Anda lakukan akan sangat menyakiti anak-anak dan terus terekam dalam ingatan mereka. Tindakan kasar hanya akan membuat Anda kehilangan rasa hormat dari anak-anak Anda.
4. Nikmati masa-masa repot dengan anak-anak Anda. Mereka tidak selamanya mungil dan membutuhkan Anda. Waktu berlalu secepat kilat dan begitu Anda sadar Anda sudah kehilangan waktu untuk menjejakkan diri Anda dalam hidup mereka. Jangan sampai di masa depan Anda terdiam sambil berkata, “Andai saya memberikan lebih banyak waktu untuk anak saya di masa lalu.”

(SikstaAlia/DT/foto:MBUK)