FAMILY & LIFESTYLE

Bawa Bekal Lebih Baik!



Moms, Anda pasti sudah tahu kan, bahwa jajanan di sekolah Si Kecil banyak yang tidak sehat? Maka, kini saatnya untuk membawa bekal! Dokter H. Tb. Rachmat Sentika, SpA, MARS, Dokter Spesialis Anak IDAI yang juga Staf Ahli Menko Kesra Bidang MDGs, mengatakan bahwa menjaga pola makan yang sehat pada anak dapat dimulai dengan memberikan bekal ke sekolah.

“Paling tidak menunya harus bersih, sehat, dan bergizi dengan unsur yang terkandung yakni menu makanan sehat dan berimbang. Dengan gizi yang cukup, dapat memacu konsentrasi anak ketika mereka sedang belajar di sekolah,” ucap Rachmat. Untuk membuat bekal, coba cek 5 kunci keamanan pangan menurut Tim Surveilan BPOM dalam acara Tupperware, “Bekal Makanan Anak yang bersih, Sehat dan Bergizi Kunci Cerdas Menuju Anak Jempolan Hebat” :

1.Kenali pangan yang aman
Pangan yang aman bagi anak adalah yang tidak mengandung bahan yang berbahaya bagi tubuh Si Kecil misalnya saja zat perwarna.

2.Beli pangan yang aman
Beli panganan aman yang bersih, jauh dari debu, sampah, dan hewan-hewan seperti lalat.

3.Baca label dengan seksama
Pelajari istilah-istilah yang biasa ada di label makanan, seperti bahan pengawet, monosodium glutamate, dan lain-lain.

4.Jaga kebersihan
Jaga kesehatan tubuh dengan memastikan cuci tangan sebelum makan.

5.Catat apa yang ditemukan
Jika menemukan makanan yang mengandung bahan berbahaya, Anda bisa langsung melaporkan temuan tersebut ke BPOM. (rosa/dok.M&B)