FAMILY & LIFESTYLE

Resolusi Hidup Sehat 2015



Mari buka tahun baru dengan semangat baru untuk hidup lebih sehat! Tetapkan resolusi sehat Anda, M&B akan membantu Anda dengan daftar berikut ini:

1. Turunkan berat badan. Menurunkan berat badan bukan pekerjaan yang bisa diselesaikan dalam 1 hari. Anda membutuhkan niat kuat, ketekunan, dan kedisiplinan untuk itu. Hasil diet baru akan kelihatan setelah Anda melakukannya 4-6 minggu. Lakukan diet dengan benar dengan memerhatikan asupan gizi. Biasakan membuat jurnal makanan sehingga Anda terbiasa dengan pola makan sehat. Kurangi karbohidrat dan lemak jika Anda ingin hasil maksimal.

2. Bertemu teman. Kehidupan sosial yang baik akan membuat hidup Anda lebih sehat. Jurnal PLos Medicine menuliskan akibat buruk tidak punya kehidupan sosial terhadap kesehatan sama dengan orang yang kecanduan alkohol atau rokok.

3. Berhenti merokok dan minum alkohol! Jika Anda memiliki kebiasaan merokok atau minum alkohol, berhentilah saat ini. Merokok dan minum alkohol adalah kebiasaan buruk yang paling sulit dihentikan dan Anda harus menetapkan niat serta target sangat kuat untuk melakukannya. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memikirkan berapa banyak penghematan yang bisa Anda lakukan.

4. Berhemat itu sehat. Gunakan sepeda atau berjalan kakilah daripada mengendarai kendaraan bermotor. Bergerak menyehatkan tubuh dan tentu saja, Anda akan jauh lebih hemat!

5. Kurangi stres. Pekerjaan, kurang istirahat, pikiran negatif, dan masalah psikologis menjadi sumber stres terparah. Stres berpotensi merusak sistem tubuh sehingga kesehatan menjadi terganggu. Roberta Lee, MD, pengarang buku The Super Stress Solution, mengatakan, “Stres merusak kehidupan. Rileks, tidur, bersosialisasi, dan berlibur adalah hal-hal dasar yang diperlukan manusia. Sayangnya, kadang manusia tidak membiarkan diri mereka mendapatkan itu semua.”

6. Berbahagialah. Bahagia adalah obat penguat untuk hidup lebih sehat dan lebih lama. Banyak cara untuk hidup lebih berbahagia. Salah satunya dengan melakukan kegiatan sosial. Bergabunglah dengan komunitas-komunitas yang bisa membuat Anda bahagia, salah satunya adalah dengan menjadi anggota Mother&Baby Club.

7. Kembali bersekolah. Situs www.health.com mengungkapkan bahwa belajar akan membuat otak Anda tetap bekerja sehingga tubuh pun menjadi lebih bugar. Pikirkan untuk kembali bersekolah demi kesehatan Anda.

8. Tidurlah dengan cukup sebab kekurangan tidur bisa merusak sistem fungsional tubuh. Anda akan menjadi kurang waspada, kehilangan konsentrasi, dan kesulitan berpikir.

9. Berlibur. Raga dan jiwa butuh keseimbangan. Anda bisa mendapatkan keseimbangan itu dengan melakukan liburan. Pergi ke tempat baru, bertemu dengan orang baru, dan sedikit melakukan petualangan akan menyegarkan jiwa.

10. Biasakan hidup sehat. Anak-anak Anda perlu mempelajari pola hidup sehat sejak dini. Caranya, mulailah hidup sehat dari diri Anda, biarkan mereka melihat cara Anda dan mengikuti langkahnya. Selamat hidup sehat!