BUMP TO BIRTH

Tips Hadapi Depresi Pasca Persalinan



Depresi pasca persalinan bukanlah suatu hal yang baru bagi newmom. Penelitian banyak menyebutkan, 1 dari 7 ibu baru mengalaminya. Selain obat penenang, sebenarnya ada beberapa hal yang dapat membantu mengelola stres dan membuat Anda merasa lebih baik dari hari ke hari. Berikut langkah-langkah yang bisa membantu mengatasi depresi pasca persalinan Anda.

1. Sharing dengan Teman & Keluarga
Anda butuh dukungan dan pengertian dari orang-orang di sekitar Anda. Jika depresi pasca persalinan bisa diatasi melalui sharing dan dukungan orang tersayang, sehingga Anda akan merasa lebih baik. Sharing dengan mereka juga membuat perasaan negatif Anda berkurang, sehingga kadar stres pun menurun.

2. Istirahat yang Cukup
Sejak bayi lahir, porsi tidur yang cukup memang akan lebih sulit Anda dapatkan. Dr. Liz McDonald dari Psikiater Royal College di Inggris menyarankan, tidurlah saat bayi Anda tertidur. Pola tidur bayi memang belum teratur. Maka, Anda harus pintar memanfaatkan waktu tidur bayi untuk beristirahat. Bila perlu, minta bantuan suami atau anggota keluarga lainnya untuk membantu Anda agar bisa beristirahat.

3. Perhatikan Pola Makan
Pola makan teratur sangat penting, terutama bagi Anda yang menyusui untuk menjaga tingkat energi. Pola makan yang teratur juga erat kaitannya dengan konsumsi makanan sehat dan bergizi, termasuk memperbanyak buah dan sayuran. Cokelat juga dapat membuat mood Anda lebih baik, asal tidak berlebihan.

4. Bergerak!
Tidak harus melakukan olahraga berat, tetapi dengan berjalan biasa atau berenang saja telah terbukti bisa meningkatkan suasana hati dan motivasi yang positif dalam diri Anda. Selain itu, Anda juga bisa melakukan beberapa latihan fisik sederhana di rumah.

5. Santai
Luangkan waktu untuk bersantai sambil melakukan sesuatu yang Anda nikmati, seperti mendengarkan musik, membaca majalah atau buku, dan memasak. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih rileks.

6. Bersosialisasi
Memiliki bayi memang bisa mengubah diri Anda dari sebelumnya, terutama dalam hal kehidupan sosial. Coba luangkan waktu untuk bertemu teman-teman dan kerabat Anda yang jarang temui untuk mengurangi kejenuhan. Selain itu, habiskan sedikit waktu berkualitas dengan suami untuk kencan berdua agar hubungan Anda semakin hangat.

7. Temui Ibu Baru
Sesekali, pergi keluar rumah dan berinteraksi dengan ibu lain juga membantu Anda mengurangi stres pasca persalinan. Menurut Dr. Liz, ibu baru biasanya akan merasa sangat terisolasi. Maka, disarankan untuk ibu menyempatkan diri bergabung dengan sesama ibu lainnya melalui beberapa kegiatan, seperti pijat bayi atau arisan. Dengan begitu, Anda pun bisa saling berbagi mengenai keluhan atau kesulitan yang dirasakan. Anda akan lebih nyaman berbagi dengan sesama ibu baru karena perasaan nasib yang sama.

8. Terima Bantuan
Jangan beranggapan bahwa diri Anda mampu mengatasi semuanya sendiri. Jangan sungkan untuk menerima bantuan dari orang-orang di sekitar Anda. Memaksakan diri untuk menyelesaikan semua pekerjaan Anda sendiri hanya menambah tekanan dan tingkat stres. Belajar mencintai diri Anda sendiri ya, Moms. (Aulia/DT/dok.M&B)

BACA JUGA: Penyebab Depresi Pasca Persalinan