FAMILY & LIFESTYLE

Listeria 1: Risiko Penyebaran Bakteri Listeria



Baru-baru ini, masyarakat sempat dibuat resah dengan kabar ditemukannya pencemaran bakteri yang tergolong berbahaya dalam buah apel impor asal Amerika Serikat. Bakteri berbahaya itu adalah bakteri listeria monocytogenes, yang dikabarkan telah mencemari Apel jenis Granny Smith dan Gala, dan telah menyebabkan jatuhnya korban.

Dikutip dari sumber US Food and Drug Administration, bakteri ini disebut juga dapat menyebabkan efek serius pada ibu hamil dan seseorang yang menderita gangguan sistem imun, karena bisa berakibat fatal. Bakteri ini juga lebih berisiko pada seseorang dengan kondisi penyakit kronis tertentu, seperti penderita kanker, HIV, diabetes, ginjal, dan pasien transplantasi.

Pada wanita hamil, bakteri listeriosis atau listeria dapat menyebabkan keguguran, kematian bayi, bayi lahir cacat, prematur, atau penyakit serius lainnya. Bagi orang normal, mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri Listeria dapat berefek pada demam, nyeri otot, atau diare. Bila ditangani secepatnya dengan pemberian antibiotik bisa mencegah efek samping yang lebih serius.

Tidak seperti bakteri lainnya, Listeria dapat tetap bertahan dan menyebar di dalam suhu pendingin sekali pun. Jadi, bukan tidak mungkin bakteri ini bisa mencemari makanan lainnya yang juga terdapat di dalam kulkas Anda. Beberapa jenis makanan yang bisa mencemari bakteri Listeria antara lain, daging yang kurang matang, sayuran mentah, keju, serta susu yang tidak dipasteurisasi. (Aulia/DT/dok.freedigitalphotos)