FAMILY & LIFESTYLE

Tips Mengendalikan Emosi Ibu



Saat Si Kecil merajuk atau 'ngambek', wajar jika suasana hati Anda akan menjadi buruk. Para ibu kerap tak bisa meredam emosinya. Ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan agar tidak ikut emosi melihat tingkah Si Kecil.

1. Berhenti dan tarik napas dalam. Bangun pikiran bahwa kondisi itu terjadi karena memang Si Kecil masih kecil. Jika Anda merasa tubuh Anda tegang, misalnya tangan menjadi kaku, goyangkan sedikit untuk melepas ketegangannya. Ingatlah bahwa Anda harus menyadari kondisi yang terjadi, jika bukan keadaan gawat darurat, bersantailah.

2. Alihkan energi marah Anda dengan memberi simpati, menemukan koneksi yang menyatukan Anda dan Si Kecil sehingga secara emosi, ia pun pulih. Jika Si Kecil perlu menangis, berikan waktu untuk melakukannya.

3. Buat evaluasi atas kejadian yang terjadi. Setiap kejadian tentu akan membawa pelajaran tersendiri. Bantu Si Kecil mengerti apa yang terjadi dan doronglah ia melakukan perubahan. Misalnya, ketika Si Kecil marah karena diganggu teman, dampingi ia dan bantulah ia mencari cara agar tidak mendapat gangguan yang sama kelak. (RS/Aulia/DT/dok.M&B)