TODDLER

Waspada Mainan Laser

laser toy


Anda tentu ingin selalu menyenangkan Si Kecil dengan membelikannya berbagai mainan. Namun, Anda juga perlu berhati-hati dan selektif dalam memilihnya. Mainan tersebut harus memiliki kriteria aman bagi Si Kecil, seperti tidak terbuat dari bahan yang mengandung racun, tidak mudah tertelan, dan tidak mengandung laser berbahaya.

Menurut Dan Hewett dari Badan Administrasi Makanan dan Obat-Obatan di Amerika, mainan pistol-pistolan atau pedang-pedangan yang mengandung laser ternyata dapat merusak retina mata. Saat sedang bermain, Si Kecil mungkin tidak merasakan sakit pada matanya. Tetapi pancaran laser secara perlahan akan memberi dampak negatif pada mata dan bisa menyebabkan kebutaan.

“Ada banyak mainan anak-anak yang mengandung laser dengan daya pancar cukup kuat beredar di pasaran. Namun orangtua biasanya tidak menyadari bahayanya, sebab produsen mainan juga tidak menjelaskan secara detail kandungan laser dalam mainan tersebut. Karenanya, orangtua harus benar-benar cermat dalam memilih mainan untuk anak-anaknya,” jelas Dan Hewett. (Dina Christin/DC/Dok. Google)