TODDLER

Infeksi Impetigo di Kulit Si Kecil



Tak bisa dielakkan, sewaktu-waktu bisa saja balita Anda menderita penyakit menular impetigo. Impetigo merupakan infeksi kulit yang umumnya muncul di sekitar hidung dan mulut atau telinga Si Kecil dalam bentuk bintil-bintil lepuh kecil. Bintil-bintil tersebut kemudian akan pecah dan mengeras membentuk keropeng kuning kecokelatan.

Impetigo biasanya sering menginfeksi anak-anak usia 2-6 tahun. Mereka dapat langsung tertular jika melakukan kontak langsung dengan penderita, atau menyentuh objek yang sudah digunakan oleh penderita, misalnya makaian, seprai, handuk, maupun mainan. Dilansir melalui Mayo Clinic, bakteri penyebab penyakit ini sangat mudah tersebar di sekolah dan daycare, serta pada musim panas.

Impetigo dapat hilang dengan sendirinya sekitar 2-3 minggu. Meski begitu, antibiotik dapat mempercepat penyembuhan dan mencegahnya menular kepada orang lain. Jika Si Kecil mengalami impetigo, segera bawa ke dokter untuk mendapatkan antibiotik oral atau krim antibiotik. Biarkan ia beristirahat total tanpa dijenguk siapa pun sampai lepuhan di kulitnya benar-benar mengering. (Sagar/DT/Dok. M&B)

Baca juga : Sindrom Pipi Merah Pada Si Kecil