TODDLER

Tips Agar Anak Tak Mengompol di Malam Hari (2)



Beberapa hal yang bisa dilakukan orangtua untuk mengatasi Si Kecil yang suka mengompol di malam hari.

4. Dukungan Positif
Buatlah dorongan positif bagi Si Kecil dengan membuat tabel kemajuannya tak mengompol di malam hari. Contohnya, buatlah sebuah tabel atau kalender dan tempelkan stiker berbentuk bintang atau wajah tersenyum setiap kali ia berhasil melewati malam dengan kering. Setiap 10 malam tanpa ompol, Anda bisa memberikannya sebuah hadiah, seperti mainan atau pergi ke tempat favoritnya. “Kekuatan sugesti positif biasanya akan berhasil pada sebagian besar anak-anak,” ujar Prof. Howard. “Namun ingat, dalam hal mengompol, jika Si Kecil tidak bisa mencapai target 10 kali tanpa ompol, janganlah diberi hukuman,” tambahnya.


5. Kemungkinan Konstipasi
Konstipasi merupakan penyebab umum bagi permasalahan kantong kemih. Jika usus besar, yang berlokasi tepat di belakang kantong kemih, dipenuhi oleh kotoran, akan ada tekanan lebih yang dialami oleh kantong kemih. Hal ini menyebabkan kantong kemih menjadi tidak stabil, sehingga menyebabkan mengompol di malam hari atau bahkan di siang hari. Prof. Bennett mengingatkan orangtua, jika Si Kecil kesulitan buang air besar, tambahkan jumlah asupan cairan dan serat dalam makanannya.

6. Hindari Konsumsi Kafein
Beberapa jam sebelum tidur, hindari konsumsi kafein karena sifatnya yang diuretik, yaitu mengeluarkan air. Kafein tak hanya terkandung dalam minuman soda atau kopi, tetapi juga makanan dan minuman favorit Si Kecil, yaitu cokelat atau susu cokelat.

7. Pengobatan Lebih Lanjut
Si Kecil hanya memerlukan pengobatan untuk kebiasaannya mengompol, jika ia mulai terganggu dengan kebiasaan ini, yang biasanya terjadi ketika Si Kecil sudah berusia di atas 7 tahun. Misalnya, Si Kecil ingin menginap di rumah temannya, tetapi ia malu jika sampai mengompol di rumah temannya tersebut. Hubungi dokter anak Anda jika Si Kecil sudah memerlukan pengobatan dan penanganan medis.

(OCH/ Dok. M&B UK)