BUMP TO BIRTH

Cek Kesehatan Sebelum Hamil!



Sebelum merencanakan kehamilan, penting bagi Anda untuk mempersiapkan banyak hal, termasuk kondisi kesehatan fisik dan mental. Kesehatan Anda sebelum hamil ini bahkan sangat memengaruhi kondisi saat hamil, dan perkembangan bayi Anda nantinya. Untuk itu, Anda perlu benar-benar mengetahui kondisi kesehatan Anda.

1. Pemeriksaan Kesehatan Seksual

Sebelum hamil, kesehatan seksual menjadi hal pokok yang penting untuk diketahui kondisinya. Untuk Anda yang baru menikah, sebaiknya lakukan pemeriksaan penyakit menular seksual sebelum Anda berencana memiliki anak. Penyakit menular seksual tanpa gejala adalah salah satu penyakit menular seksual paling umum yang dianggap berisiko hingga 70 persen mengakibatkan penyakit radang panggul, penyebab utama infertilitas. Penyakit menular seksual juga dapat memengaruhi ovulasi, dan jika kehamilan Anda berhasil, infeksi ini dapat menyebabkan keguguran atau kehamilan ektopik.
Dalam pemeriksaan ini, bukan hanya Anda yang harus diperiksa, tetapi juga suami.

2. Kenali Kadar Stres

Anna Furse, penulis “The Infertilitas Companion” mengatakan, hormon reproduksi dapat dipengaruhi oleh hormon kecemasan. Jadi, cobalah lebih santai. Mengekspresikan emosi Anda dapat mengurangi stres dan meningkatkan kesuburan pada pria maupun wanita. Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa mereka yang bisa lebih mudah memiliki anak adalah mereka yang mengekspresikan emosi mereka ketika berhadapan dengan stres.

3. Waspada Bahayanya

Lingkungan ternyata juga memengaruhi kondisi kesehatan Anda untuk mempersiapkan kehamilan. Batasi atau usahakan hindari paparan zat kimia, berbentuk gas atau cair. Hindari juga lingkungan berpolusi. Pakailah masker bila harus berada di lingkungan tersebut. Hindari untuk membakar sampah, terutama kertas atau plastik secara langsung. Pilihlah makanan organik, dan pastikan Anda mencuci bersih dan mengupas semua buah dan sayuran yang dikonsumsi, serta batasi makanan mentah. (Aulia/DT/dok.M&B)

BACA JUGA: Waktu yang Tepat untuk Program Kehamilan